Fakta! Tertawa Ternyata Meningkatkan Kesehatan Fisik dan Mental

Tertawa merupakan bagian dari respons tubuh terhadap hal-hal yang lucu. Ini membutuhkan banyak usaha di dalam otak karena harus mengaktifkan area motorik, emosional, kognitif, dan pemrosesan sosial.

Penelitian yang diungkap dalam Pengantar Psikologi Humor menyebutkan kekuatan tawa untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Tertawa dapat mengembangkan otot tubuh bagian atas manusia, mulai kombinasi otot wajah, gerakan mata, kepala, hingga bahu. Banyak area di otak kemudian menjadi aktif sehingga jalur saraf emosi, seperti kegembiraan dapat meningkatkan suasana hati dan stres berkurang.

Para peneliti coba mengukur frekuensi dan intensitas 41 orang yang tertawa dalam periode dua pekan yang dikaitkan dengan peringkat stres dan fisiknya. Mereka menemukan makin banyak tertawa, maka makin rendah stres yang dirasakan. Tertawa juga mampu meningkatkan keintiman dengan orang lain.

Dikutip dari Science Alert, Selasa (1/12/2020), ahli bahasa Don Nilsen menyebut tertawa butuh peran sosial yang kuat dan sangat jarang tertawa bisa terjadi jika sedang sendirian. Hal ini dibuktikan dari tawa bayi yang merasa senang membangun ikatan dengan pengasuhnya.

BERITA REKOMENDASI