Galau? Mandi Air Hangat Yuk..

SALAH satu kegiatan yang bisa mengusir galau ternyata adalah mandi dengan air hangat! Menurut riset, air hangat ternyata erat kaitannya dengan rasa galau.

Dilansir dari Daily Mail, Psychology Jurnal Emotion merilis penelitian menarik tentang hubungan antara kesepian dengan air hangat. Para peneliti di Yale University menyimpulkan berendam atau berada dalam kucuran air hangat diyakini bisa mengusir galau karena kesepian.

Jurnal Emotion menulis, “Kehangatan sosial yang hilang akan tergantikan dengan kehangatan fisik air hangat.” Berdasarkan hasil riset tersebut, ini menjelaskan kenapa seseorang betah berlama-lama saat mandi air hangat.

Riset yang dibantu 400 sukarelawan berusia 18 hingga 65 tahun tersebut, mencatat kebiasaan dan perasaan seseorang saat mandi pakai air hangat atau dingin. Kemudian peneliti menghubungkannya dengan tingkat kesepian seseorang.

Hasil temuan ini pun juga didukung dari riset yang sama sebelumnya. Penelitian yang dilakukan ilmuwan Jepang telah membuktikan kebiasaan berendam selama 10 menit dalam air hangat bisa perbaiki kesehatan jantung pada pria dan wanita, membantu melakukan tes olahraga dengan lebih baik dan mengurangi rasa sakit.

Pantas pemandian air hangat menjamur di seluruh dunia, baik dari sumber air panas alami maupun sumber panas buatan, mungkin ini salah satunya. (*)

BERITA REKOMENDASI