Gatal Hingga Sesak Nafas ‘Bablas’ Ketemu Tokek

Editor: KRjogja/Gus

SEBAGIAN jenis satwa yang hidup liar maupun sudah dibudidayakan sering digunakan untuk membantu terapi kesehatan. Tak jarang, perlu diolah menjadi suatu masakan dahulu agar bisa dikonsumsi rutin sampai gangguan kesehatan dapat teratasi.

Jenis satwa tokek, menurut Kurniawan yang tinggal di Mlati dapat membantu melawan sesak nafas. Terapi menggunakan bahan alami ini bisa menerapkan cara sederhana, yakni cukup dengan rutin mengkonsumsi olahan daging tokek, misalnya yang sudah digoreng. Bisa juga diolah menjadi wujud tongseng. Dengan cara seperti ini bahkan diharapkan bisa mempercepat sembuhnya gatal-gatal. Selain bagian dagingnya, dengan izin Yang Maha Kuasa, kulit tokek pun diyakini bisa melawan gangguan kesehatan tersebut.

“Bahkan ada yang meyakini khasiat kulit tokek lebih manjur. Cara mengolahnya juga bisa menerapkan beberapa resep, seperti halnya cukup digoreng seperti membuat rambak kulit cakar ayam, kulit kerbau maupun kulit sapi,” paparnya seperti dikutip dari harianmerapi.com.

Ditambahkan, beberapa waktu lalu bahkan perburuan tokek ukuran besar pernah cukup marak. Termasuk juga usaha budidayanya, sebab bisa dijual dan diyakini bisa membantu melawan beberapa gangguan kesehatan termasuk AIDS. Sedangkan satwa jenis lain yang juga diyakini memiliki khasiat kesehatan, misalnya tupai musuh diabetes dan cacing tanah membantu menggempur tipes. Lalu bagian empedu satwa bulus, misalnya cukup ditelan langsung dapat membantu melawan sesak nafas dan hati bulus bisa mendukung kesehatan mata.

BERITA REKOMENDASI