Gawat! Pemuda Jaman Now Lebih Cepat Botak, Kok Bisa?

BEBERAPA studi telah menunjukan bahwa generasi milenial mengalami kebotakan lebih cepat jika dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya.

Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari penyakit autoimune, gangguan tiroid, pola makan dan stress. Stress sendiri merupakan makan harian kaum milenial, baik itu datang dari tuntutan kerja, sekolah, kehidupan sosial dan beberapa lainnya dan dianggap faktor paling signifikan penyebab kebotakan.

“Stress dapat mengganggu pertumbuhan rambut dengan menyingkirkan rambut keluar fase pertumbuhan secara prematur. Hal ini dapat menyebabkan rontoknya rambut dalam jumlah besar,” kata Doris Day MD, dari Day Dermatology & Aesthetics, seperti dikutip dari HealthLine.com.

Menurut pengarang buku “Beyond Beautiful” itu, penyebab lain dari penyebab keronton pada kaum milenial adalah terkait dengan life style yang buruk bagi kesehatan rambut.

“Bleaching dan mewarnai rambut dapat menyebabkan kerusakan serius. Beban dan tensi yang disebabkan oleh penggunaan extension (rambut tambahan) juga dapat menyebabkan melemahnya folikel rambut, menyebabkan rambut menjadi rontok”.

Apa solusi terbaik untuk permasalahan ini? “Temui dokter kulit untuk menentukan langkah apa yang harus diambil untuk mengatasinya,” ujar Day mengakhiri.(*)

BERITA REKOMENDASI