Gejala Anemia Pada Wanita dan Cara Mengatasinya

Editor: Ivan Aditya

GEJALA Anemia pada wanita perlu diwaspadai serta diatasi secepat mungkin. Kondisi kekurangan sel darah merah pada tubuh menyebabkan fungsi organ tidak bekerja sebagaimana mestinya. Hal ini paling sering menyerang wanita mulai dari remaja sampai dewasa, oleh karena itu sangat penting untuk menjaga pola hidup sehat dan makan makanan bergizi.

Ketahui Tanda-Tanda Anemia dan Penanggulangan Terbaiknya

Tidak mudah untuk mengetahui apakah seseorang mengidap Anemia atau tidak. Untuk mengetahuinya lebih pasti seseorang harus mendatangi dokter dan menjalani pemeriksaan. Tapi bisa juga dengan memperhatikan gejala Anemia pada wanita dan melakukan pengobatan yang sesuai untuk mengatasinya, berikut adalah beberapa diantaranya.

● Pucat

Darah yang disalurkan dengan baik akan membuat kita terlihat cerah. Kalau kamu melihat bagian-bagian dari tubuh seperti pipi, kelopak mata, bibir dan bantalan kuku berwarna pucat, waspadalah. Kemungkinan besar kamu mengalami anemia dan perlu penanganan cepat. Kamu bisa mengkonsumsi suplemen penambah darah dan makan makanan bergizi seperti daging, ayam, ato ayam dan sayuran.

● Mudah Letih

Gejala Anemia pada wanita yang mengakibatkan aktivitas terganggu adalah saat tubuh terasa lemah dan mudah letih. Kamu tidak bergairah mengerjakan apapun dan lebih memilih untuk rebahan atau tidur terus-menerus Gejala ini sangat mudah diabaikan karena dianggap sekedar lelah saja. Oleh karena itu, perhatikan juga gejala lain yang menyertainya.

● Sesak Nafas dan Detak Jantung Cepat

Bukan hanya penderita Asma atau jantung bawaan yang sesekali merasa sulit bernafas karena sesak. Ada kemungkinan kamu sedang kekurangan sel darah merah yang menyebabkan detak jantung menggebu-gebu layaknya habis berolahraga. Kalau hal ini terjadi, duduk atau tidur dan coba untuk mengatur nafas. Umumnya gejala akan mereda setelah beristirahat dan tidak panik.

● Sakit Kepala dan Pusing

Gejala Anemia pada wanita karier umumnya adalah sakit kepala dan pusing dikarenakan sering begadang. Bisa juga karena terlalu menatap layar komputer. Kamu butuh embalas tidur untuk jam-jam yang kamu habiskan begadang sambil ditunjang dengan asupan makanan. Kamu bisa mengkonsumsi suplemen penambah darah sebagai solusi cepat mengembalikan sel darah merah.

● Nyeri Dada

Jangan anggap sepele gejala ringan seperti mudah letih, pusing dan sakit kepala. Karena bila tidak ditangani bisa menyebabkan nyeri dada karena kondisi tubuh benar-benar drop. Datangi dokter untuk mendapatkan pertolongan yang tepat.

● Tangan dan Kaki Dingin

Ketika kekurangan darah badan kita tidak mendapatkan sel darah merah yang dibutuhkannya dan menyebabkan rasa dingin, khususnya untuk bagian tubuh yang berada paling jauh dengan jantung seperti tangan dan kaki. Gejala Anemia pada wanita ini dapat ditangani dengan memberikan penghangat dan berikan makanan mengandung penambah darah serta minuman hangat untuk mengembalikan suhu tubuh.

● Mudah Mengantuk Khususnya Setelah Makan

Kondisi tubuh yang lelah karena begadang atau terlalu banyak mengkonsumsi kopi. Hal ini menyebabkan tubuh kekurangan sel darah merah dan lebih mengantuk daripada biasanya. Terutama setelah makan. Itulah sebabnya kita selalu disarankan untuk bergerak setelah makan agar tubuh memiliki waktu untuk mencerna makanan dan merubahnya jadi sel darah merah.

Jagalah kesehatan dan perhatikan gejala Anemia pada wanita yang bisa dilihat. Perhatikan juga berbagai penyebabnya karena akan memudahkan penanganannya. Bila sering terserang Anemia sediakan suplemen penambah darah seperti Sangobion yang tersedia dalam kemasan praktis yang mudah dikonsumsi dan dibawa kemana-mana.

Dapatkan berbagai produk-produk Sangobion hanya di Shopee, Marketplace terbaik untuk memenuhi berbagai kebutuhan kesehatan kamu. (*)

BERITA REKOMENDASI