Gelombang Kedua Covid-19 Diprediksi Terjadi Juli, Perkuat Tubuh dengan Anti Oksidan

JAKARTA, KRJOGJA.com – Gelombang kedua pandemi Covid-19 bakal terjadi setelah Juni 2020 apabila Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tidak dapat dijalankan dengan disiplin dan masyarakat tidak menjalankan protokol kesehatan.

Karena itu, Dokter Spesialis Paru RSUP Persahabatan DR.dr. Erlina Burhan, SpP dalam Diskusi Online ASTHIN ‘Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Alami Selama Pandemi Covid-19 dengan Antioksidan’ di Jakarta,Rabu (3/6/2020) berharap masyarakat memperkuat sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh menjadi kunci dalam menghadapi Pandemi Covid-19 yang saat ini masih terus berlangsung di Indonesia.

“Termasuk, pada saat memasuki era tatanan baru (new normal). Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan daya tahan tubuh dengan melalui kecukupan antioksidan. Diantara manfaat antioksidan adalah menangkal efek dari paparan radikal bebas secara berlebihan.
Dia menjelaskan jika tubuh terpapar radikal bebas secara berlebih dan terus menerus, maka dapat merusak susunan DNA Sel, meningkatkan kadar kolestrol jahat di dalam tubuh, menyebabkan peradangan, dan melemahkan daya tahan tubuh.

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menjelaskan, cara kerja antioksidan adalah menetralisir molekul radikal bebas di dalam tubuh. Artinya, antioksidan adalah suatu substansi yang dapat menetralisir atau menghancurkan radikal bebas (zat-zat yang dapat menimbulkan racun di dalam tubuh). Dengan antioksidan, radikal bebas dapat ditangkal. Sehingga tubuh kita juga dapat menangkal peradangan, antara lain radang sendi.

BERITA REKOMENDASI