Gula Aren Mampu Atasi Kurang Darah

Editor: KRjogja/Gus

NAMA gula merah maupun gula aren sudah tak asing lagi di masyarakat. Pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari cukup beragam, antara lain sebagai pemanis pada masakan, isian kue tradisional, pemetral rasa pahit pada jamu tradisional sampai pemanis minuman.

Seperti dikutip dari Harianmerapi.com Selain mempunyai rasa manis yang khas, gula merah apalagi yang jenis gula aren diyakini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, baik gula merah maupun gula aren sama-sama mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh, misalnya vitamin dan mineral. Khususnya gula aren dibanderol lebih mahal dibanding gula merah biasa, beberapa alasannya antara lain bahan baku wujud niranya lebih sulit didapat.

“Cita rasa gula aren juga lebih enak, bahkan manfaat kesehatan jenis gula ini juga lebih banyak,” papar salah satu pedagang buah dan sejumlah kebutuhan dapur di kompleks pasar kawasan Minggir Sleman, Sugiyo, belum lama ini.

Sugi begitu akrab disapa mengungkapkan, penggemar ataupun konsumen gula aren meyakini , jenis gula ini dapat dijadikan musuh keluhan kesehatan, kurang darah (anemia). Satu di antaranya karena mengandung zat besi cukup tinggi. Ketika dimanfaatkan sebagai pemanis minuman akan membantu mendinginkan perut. Terlebih mengonsumsinya ketika cuaca terasa panas, misalnya dapat dikombinasi dengan air kelapa muda.

Selain itu gula aren juga dipercaya mampu membantu mengurangi nyeri serta menguatkan organ limpa. Sedangkan zat antioksidan dalam gula aren mempunyai aneka manfaat untuk mendukung kesehatan tubuh, misalnya ikut membantu menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Jika digunakan sebagai musuh rematik, antara lain dapat memanfaatkan gula aren yang dicampur dengan pulasari, adas dan cocor bebek. Setelah direbus dan disaring, airnya diminum pagi dan sore hari. Jika untuk mengatasi gangguan ginjal , gula aren dicampur dengan temulawak, kumis kucing dan meniran. Bahan ini direbus, disaring dan airnya diminum pagi serta sore hari.

“Ada juga penderita liver, rutin membuat minuman berbahan rimpang temulawak dan gula aren akan mendukung kesehatannya secara alami,” tandas Sugi. (Yan)

BERITA REKOMENDASI