Gula Merah Bagus Untuk Sirkulasi Darah

Editor: KRjogja/Gus

PEMANFAATAN gula merah termasuk di antaranya jenis gula aren mudah ditemukan di masyarakat. Antara lain bisa dicampurkan saat membuat beberapa jenis minuman, masakan sayur, sambal dan aneka makanan ringan.

Selain memberikan cita rasa manis serta mempunyai kandungan beberapa nutrisi, jenis gula ini juga diyakini memiliki khasiat kesehatan. Seperti diyakini Ny Wati Lukito asal Sleman, adanya bahan gula merah apalagi gula aren akan memberi banyak nilai positif bagi kesehatan. Antara lain bisa mendukung lancarnya sirkulasi atau peredaran darah di tubuh. Dengan peredaran darah yang lancar, akan memiliki peran bisa membantu mencegah maupun mengatasi keluhan kesehatan.

“Gula merah yang terbuat dari nira pohon kelapa juga mempunyai kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti sejumlah jenis vitamin dan mineral,” jelasnya.

Dengan rutin mengkonsumsi jenis gula tersebut, dipercaya juga dapat membantu mengurangi nyeri haid serta menguatkan organ limpa di dalam tubuh. Adapun zat antioksidan dalam gula merah biasa maupun aren, misalnya bisa menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Bahkan selain dicampurkan dalam masakan serta minuman, gula jenis ini juga dijadikan bahan membuat ramuan alami.

“Contoh sederhanannya, kombinasi gula aren dan temulawak ada yang cocok untuk membantu terapi serangan liver,” urainya seperti dikutip harianmerapi.com.

BERITA REKOMENDASI