Hari Ini, Ike Ratnawati Ujian Terbuka Pendidikan Seni S3 Unnes

“Secara metodologis penelitian menggunakan pendekatan culture studies. Bersifat kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam dan pengumpulan data dokumen. Pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi dan teknik analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Motif Gajah Oling diposisikan sebagai salah satu identitas masyarakat Banyuwangi, yang didasari oleh tiga aspek unsur pembentuk identitas dalam teori konstruksi sosial budaya yaitu internalisasi, objektivikasi dan eksternalisasi.

Penerapan motif batik Gajah Oling pada upacara adat, seragam sekolah dan pegawai, festival, media luar ruang dan ornamen interior/eksterior serta pada ranah pariwisata. Motif batik Gajah Oling dipengaruhi oleh alam fisik, sejarah suku Osing, nilai-nilai yang diagungkan, serta terdapat makna filosofinya, sehingga motif Gajah Oling menjadi identitas budaya masyarakat Osing dalam keberagaman kebudayaan Nusantara. Selain itu motif Gajah Oling memiliki konsep asas, teknik pembuatan, gaya, corak yang sangat berkarakter dan unik. Motif ini merefleksikan masyarakat pendukungnya yaitu masyarakat Osing Banyuwangi” ujar Ike Ratnawati, anak pasangan Ali Uma Charya dan Nanik Suendahwati.

Banyak karya ilmiah berupa jurnal ilmiah nasional dan internasional termasuk jurnal scopus serta proceeding seminar internasional dihasilkan Ike Ratnawati selama studi di S3 Pendidikan Seni Pascasarjana Unnes. Begitu juga sejumlah karya ilmiah saat dirinya studi S1 Universitas Negeri Malang (lulus 2004) dan S2 UPI Bandung (lulus 2010).(Sgi)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BERITA REKOMENDASI