Hindari Gangguan Pencernaan, Lakukan 4 Hal Ini Sebelum Makan

MENYANTAP makanan enak tidak dipungkiri adalah salah satu kenikmatan hidup paling sederhana, rasanya semua orang akan setuju dengan kalimat ini bukan?

Namun pernahkah Anda menikmati makanan yang memuaskan hanya untuk mengalami masalah pencernaan yang membuat perut merasa tidak nyaman dan kembung?

Siapa sih yang tidak akan merasa sebal jika setelah makan, lalu malah timbul masalah pencernaan? Tenang, sebenarnya ada kok cara untuk tetap menyantap aneka makanan kegemaran yang enak tanpa harus mengalami masalah pencernaan, ialah dengan melakukan sederet hal ini pada waktu sebelum makan. Apa saja? Baca ulasan singkatnya di bawah ini.

Minum air putih

Untuk sistem pencernaan yang sehat, kondisi tubuh yang tetap terhidrasi adalah kuncinya. Maka dari itu sebaiknya sebelum mulai makan, kita minum terlebih dahulu air putih. Sebab air tidak hanya membantu dalam mencerna makanan padat, namun juga menyerap nutrisi penting dengan baik.

Namun ingat! Sebaiknya air tidak dikonsumsi di antara makan karena bisa menjadi encer dengan asam lambung yang sangat penting untuk pencernaan yang optimal. Jadi prakteknya adalah minum air putih di waktu 30 menit sebelum makan karena akan membangun sistem metabolisme tubuh.

Batasi asupan alkohol 

Metabolisme yang lamban bisa membuat kembung dan tubuh menjadi tak nyaman. Sebaliknya, metabolisme yang lebih cepat tidak hanya bisa meminimalisasi rasa kelelahan namun juga sekaligus membantu proses pencernaan.

Maka dari itu, agar metabolisme tubuh tidak menjadi lamban adanya, batasi asupan alkohol ke dalam tubuh. Sebab, alkohol disebutkan memiliki kecenderungan untuk memperlambat metabolisme yang dapat menyebabkan pembakaran makanan jadi kurang efisien, penting untuk membatasi asupan alkohol sebelum sesi bersantap karena dapat menyebabkan makanan berlama-lama di perut lebih lama.

Secangkir teh hijau 

Teh hijau hadir dengan kandungan anti-oksidan kuat yang tidak hanya bisa mengurangi peradangan di tubuh tapi juga bisa memberi sentakan cepat pada metabolisme. Jadi lain kali ketika hendak makan apapun, pastikan 30 menit sebelumnya sudah minum teh hijau.

Makan makanan pahit atau asam 

Tahukah bahwa memakan makanan pahit sebelum makan, misalnya sebagai makanan pembuka alias appetizers dapat menstimulasi atau merangsang proses pencernaan lebih baik lagi? Contohnya, dianjurkan untuk mengonsumsi sesendok cuka sari apel mentah yang dimasukkan ke dalam air, lalu diminum 30 menit sebelum waktu makan.

Selama proses pencernaan, asam lambung diperlukan untuk bekerja sebagai pemecah makanan menjadi potongan-potongan kecil dan kehadiran makanan pahit akan menghasilkan fungsi yang sama. Sementara itu, makanan rasa asam dapat membantu meningkatkan sekresi asam lambung di perut yang pada akhirnya akan membantu tubuh mencerna makanan yang sangat banyak. Demikian seperti dilansir Ndtv, Jumat (29/12/2017). (*)

BERITA REKOMENDASI