Horotoyoh..Instagram Bikin Gangguan Mental

Editor: KRjogja/Gus

MEDIA sosial sangat membahayakan kesehatan mental seseorang. Apalagi kini hidupnya tak bisa jauh dari stalking setiap hari.

Peneliti menyebutkan, ada lima jaringan media sosial yang mengganggu kesehatan mental. Termasuk Instagram, Facebook, Path, Twitter dan Youtube. Dalam studinya melibatkan 1.479 responden usia remaja di Inggris. Rata-rata, mereka sudah kecanduan dengan Instagram Live.

Studi yang dilakukan dari Februari-Mei, responden menjawab pertanyaan profesor seputar media sosial. Ditilik lebih lanjut, jawabannya bisa memicu gangguan mental.

Karena sebuah postingan, seseorang bisa di-bully. Atau responden mengaku cemas saat tidak mengecek akun media sosialnya.

"Seseorang yang terus berselancar di dunia maya atau mengeksplor media sosial, sebagian mengalami kehilangan hidup," kata peneliti.

Terutama, jika Anda memiliki akun Instagram, ada banyak bahaya yang bisa didapati. Dengan mudah, perempuan dan laki-laki mengedit gambar yang di-upload dengan fitur khusus di Instagram.

Royal Society basis peneliti di Inggris menyebutkan, hampir 90 persen penduduk dunia memiliki akun Instagram. Platform jejaring media sosial ini memiliki dampak bagi kesehatan mental.

"Batasi penggunaan Instagram, jangan terlalu sering karena bisa mengganggu privasi," simpul peneliti, dilansir Time, Selasa (27/6/2017). (*)

BERITA REKOMENDASI