Ibu Hamil Dilarang Menahan Pipis Terlalu Lama, Ini Sebabnya

SEORANG ahli urologi Dr. Nazia Bandukwala menyarankan untuk secara teratur buang air kecil setiap 3 jam sekali, meskipun Anda sedang tidak kebelet buang air sekalipun. 

Selain itu, menahan kencing dalam batas waktu yang tidak terlalu lama bagi orang-orang yang sehat mungkin tidak terlalu menjadi masalah. 

Namun, jika Anda memiliki kondisi berikut ini, akan membahayakan dan sangat tidak dianjurkan untuk menahan buang air kecil yaitu mengalami pembesaran prostat, gangguan pada kantung kemih, gangguan ginjal, retensi urine, wanita yang sedang hamil

Dilansir dari laman Healthline, saat kandung kemih Anda sudah hampir setengah penuh, kandung kemih akan mengaktifkan saraf di sekitarnya untuk memberi tahu otak. Otak akan mendapatkan sinyal bahwa kandung kemih mulai penuh dan memberi perintah untuk segera buang air kecil. 

Ketika mendapatkan sinyal tersebut, sistem saraf pusat akan refleks mengirimkan sinyal lagi ke saraf di sekitar kantung kemih untuk menahan pergerakannya, jangan dikeluarkan dahulu hingga Anda tiba di toilet. Semakin lama Anda menahan pipis, ini artinya secara sadar Anda sedang melawan sinyal yang diberikan kandung kemih Anda untuk segera pipis. 

Semakin meregang kandung kemih Anda, maka rasa tidak nyaman pun akan semakin terasa.Meskipun kandung kemih sebenarnya mampu meregang dan menampung urine hingga 1.000 ml. Namun, dalam beberapa kasus kandung kemih bisa pecah, dan untuk memperbaikinya butuh pembedahan khusus. Untungnya, kasus ini terhitung jarang terjadi.

Lalu apakah berbahaya jika menahan urine keluar dari kandung kemih?
Umumnya, Anda masih boleh menahan kencing asal tidak terlalu lama dan tidak sering dilakukan. Sebab, normalnya tubuh memang memiliki kemampuan alami untuk menahan air kencing keluar dari kandung kemih.

Namun, jika kandung kemih Anda menahan hingga lebih dari kapasitasnya dalam jangka waktu yang semakin lama, Anda akan mulai merasa sangat tidak nyaman.

Untuk berapa lama boleh ditahan dan berapa lama tidak boleh sebenarnya tidak ada batasan khusus, ini bisa bervariasi dari orang ke orang. Tergantung dengan respon saraf Anda, usia, seberapa banyak cairan yang Anda hasilkan, dan berapa lamanya. Kita tetap tidak disarankan untuk menahan kencing terlalu lama Meskipun tubuh bisa mengatur untuk menahannya, menahannya terlalu lama juga tetap ada risikonya. (*)

BERITA REKOMENDASI