Ikan Gabus Hingga Jeruk Bali Ampuh Tingkatkan Imun Saat Pandemi, Cek Selengkapnya

Editor: KRjogja/Gus

PEMANFAATAN tumbuhan maupun satwa untuk mendukung kesehatan badan sudah lama diterapkan banyak warga. Langkah seperti ini diharapkan termasuk cara sederhana dalam usaha serta mencegah gangguan kesehatan. Khususnya pada masa pandemi covid-19 seperti ini, imunitas dan daya tahan tubuh penting dimiliki untuk menangkal virus.

Tidak banyak yang menyadari disekitarnya banyak dijumpai komoditas dari alam seperti tumbuhan dan hewan yang dapat dimanfaatkan untuk menambah maupun memperkuat daya tahan tubuh. Berikut beberapa sumber daya alam disekitar yang bisa dimanfaatkan pada masa pandemi.

Ikan Gabus

H Afandi Mustofa asal Jetis Yogya meyakini satwa jenis sidat, bulus dan ikan-ikan sungai seperti gabus, wader dan lele juga diyakini mempunyai kandungan gizi cukup tinggi. Selain itu dapat dijadikan bahan alami untuk membantu mengatasi serta mencegah gangguan kesehatan dengan biaya tak mahal. Wajar pula jika akhirnya, ia juga membuka warung makan memanfaatkan olahan satwa-satwa tersebut di kawasan Sidomoyo Sleman.

“Ikan gabus termasuk yang sudah dikenal berbagai kalangan, selain bergizi juga ada beberapa khasiat kesehatannya. Cara mengolahnya juga beragam, seperti dibuat sop, digoreng sampai cukup disteam,” beber H Afandi.

Olahan ikan gabus, lanjutnya, bagus pula untuk membantu menjaga dan meningkatkan kekebalan atau imunitas tubuh, sehingga tak mudah terserang gangguan kesehatan seperti yang disebabkan oleh virus maupun bakteri. Apalagi juga bisa rutin mengkonsumsi minuman berbahan empon-empon serta rempah-rempah, antara lain ada temulawak, jahe, kencur, kunyit, lada, kapulaga, cengkih, secang dan sebagainya.

“Asupan-asupan menyehatkan seperti itu, salah satunya olahan ikan gabus bisa rutin dikonsumsi. Namun sebaiknya tak berlebihan dalam mengkonsumsi setiap harinya. Penting juga untuk tetap menerapkan pola hidup sehat lain, seperti istirahat cukup, berusaha tak stress dengan mempunyai hiburan ataupun hobi-hobi positif yang menyenangkan dan bisa rutin berolahraga,” tandasnya.

Tape Ketan

Pemilik kuliner Geblek Pari di Pronosutan Nanggulan Kulonprogo, Merici Putri mengungkapkan beberapa jenis minuman tradisional berbahan empon-empon serta bersifat alami sudah lama dikenal memiliki manfaat atau khasiat kesehatan. Bahkan minuman seperti wedang tape termasuk yang mempunyai manfaat kesehatan. Apalagi juga ditambah dengan perasan jeruk nipis, sehingga diyakini semakin menambah khasiat kesehatan dari minuman tersebut.

Selain itu juga mengandung asam laktat yang ada di tape ketan juga mampu menurunkan tingkat kolesterol yang ada di dalam tubuh. Tak ketinggalan, tape ketan juga mengandung cukup serat. Kandungan serat pada suatu asupan bisa berperan memperlancar sistem pencernaan.

Tak kalah penting, dapat ikut mencegah dan melawan gejala ambeien. Pasalnya, ragi yang ada di dalam tape dapat menyehatkan pencernaan dan menyehatkan saluran pembuangan. Wajar juga ketika ada yang cocok melawan ambeien dengan mengonsumsi tape ketan yang sudah benar- benar masak atau sudah sangat lembek, dua kali dalam sehari. Bahkan dengan izin Yang Maha Kuasa, asupan tape ketan dapat mencegah terbentuknya sel-sel penyebab kanker di dalam tubuh.

Ubi Ungu

Umbi-umbian berjenis jenis ubi ungu diyakini mempunyai lebih banyak khasiat kesehatan. Ubi ungu memiliki ciri antara lain bagian kulit dan daging umbinya berwarna ungu, selain cukup direbus dapat juga diproses menjadi jenis olahan lain. Sedangkan daun ubi jalar antara lain dapat cukup dijadikan lalapan ataupun beberapa jenis olahan dengan cita rasa khas serta berkhasiat.

Adapun manfaat atau khasiat kesehatan ubi ungu, antara lain bisa membantu melancarkan peredaran darah dan sebagai sumber antioksidan. Dengan sifat seperti ini diharapkan ikut berperan mendukung kesehatan, baik sebagai usaha pencegahan maupun mengatasi gangguan kesehatan. Termasuk juga ikut mendukung imunitas atau daya tahan tubuh.

Selain itu asupan ubi ungu juga diyakini bisa dimanfaatkan sebagai musuh asam urat dan mendukung kesehatan jantung. Caranya bisa dengan cukup rutin mengkonsumsi olahan ubi ungu. Selain itu pada ubi juga terkandung vitamin A, sehingga diyakini dapat mendukung kesehatan mata. Wajar juga jika ada yang menganjurkan agar anak-anak balita bisa rutin mengkonsumsi untuk membantu mencegah kebutaan maupun gangguan kesehatan lain pada mata.

Cara memasak ubi dengan cukup dikukus, diyakini kandungan gizinya lebih terjaga. Ada juga yang mencampurkan ubi ungu dengan olahan jenang. Adapun kandungan gizi pada ubi, misalnya sejumlah vitamin, protein, lemak, karbohidrat, kalori, serat, abu, kalsiu, fosfor, zat besi serta karoten.

Lalu apa saja manfaat daun ubi? Satu di antaranya bisa sebagai musuh sakit tenggorokan. Cara membuat ramuannya, yaitu daun ubi jalar secukupnya dicuci bersih lalu dijemur sampai benar-benar kering. Setelah itu ditumbuk sampai halus dan diseduh dengan air panas pada malam hari serta diminum pada pagi hari. Langkah ini dilakukan rutin sampai sakit tenggorokan bisa sembuh.

Jeruk Bali

Mugiman salah satu warga Ngaglik Sleman mengungkapkan, beberapa asupan mampu menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh cukup beragam. Satu diantaranya, yakni jenis jeruk Bali. Jenis jeruk ini diyakini kaya kandungan vitamin C, alhasil bisa mendukung kekebalan atau imunitas tubuh. Adanya sedikit rasa asam ataupun pahit pada jeruk Bali diyakini pula dapat mencegah munculnya kanker di tubuh.

Ditambahkan, ia yang juga marbot di Masjid Darojatul ‘Ulya Beran Tridadi Sleman atau di utara Lapangan Pemda Sleman rutin menyapu atau membersihkan kompleks masjid terutama pada pagi dan sore hari. Kegiatan ini diyakini termasuk bagian dari olahraga yang juga bisa mendukung imunitas tubuh. Meski masjid ini tak digunakan untuk salat Jumat sejak ada Masjid Agung Sleman, serta kas masjid cukup minim, namun pengelola masjid tetap berusaha bisa menjaga dan merawat dengan sebaik mungkin.

Selain ada tanaman jeruk Bali, di sekitar kompleks masjid ini juga ada tanaman lain yang bermanfaat, misalnya kelapa gading. Air kelapa maupun daging kelapa diyakini ada khasiat kesehatannya. Tanaman kelapa dan jeruk Bali yang menanam ia sendiri, namun bisa dimanfaatkan banyak pihak.

Khususnya jeruk Bali, sebaiknya dipetik setelah masak benar, sehingga khasiat kesehatan yang diperoleh juga bisa maksimal. Tak kalah penting, jenis jeruk ini juga diyakini dapat membantu melawan radikal bebas ataupun toksin di tubuh.

BERITA REKOMENDASI