Ini 2 Jenis Zat yang Buat Pemakainya seperti ‘Zombie’

Ternyata bukan hanya obat PCC yang menyebabkan pengguna menjadi seperti zombie.

Dikutip dari thesun.co.uk pada Jumat (15/9/2017), cannabis sintetis seperti Spice dan Black Mamba mengubah seseorang menjadi zombie.

Dengan demikian, keadaan pengguna sangat merepotkan layanan kedaruratan karena dampak yang sangat menghancurkan.

Di Inggris, zat-zat itu menebar kekacauan di jalan-jalan dan penjara.

Sudah ada upaya melarang zat-zat tersebut jika dijual untuk konsumsi manusia. Akan tetapi, para pembuatnya merekayasa ramuan agar bisa lolos dari celah-celah hukum.

Berikut ini adalah dua zat yang kerap dijuluki 'ganja buatan' dan bisa membuat penggunanya bertingkah seperti zombie.

SPICE

Spice ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang ahli kimia organik John Huffmann di Clemson University, South Carolina, Amerika Serikat.

Huffmann sedang mencari cara baru untuk mengembangkan obat anti-inflamasi. Saat itu, percobaan melibatkan penciptaan ratusan jenis cannabis sintetis, termasuk JWH-018.

Pada 2006, peneliti tersebut menyatakan bahwa zat temuannya tidak layak dikonsumsi manusia.

Namun dua tahun kemudian, zat itu malah mulai beredar di dunia maya, bersamaan dengan semakin populernya mefedron (mephedrone) atau akrab dijuluki mcat.

BLACK MAMBA

Black Mamba adalah sintetis lain pengganti cannabis yang menjiplak dampaknya.

Serupa dengan Spice, Black Mamba menyebabkan pemakainya berhalusinasi dan juga menderita kesulitan bernafas, muntah, serta hilang kendali terhadap bagian-bagian tubuh.

Walaupun dirancang untuk meniru teler cannabis, Black Mamba jauh lebih kuat sehingga menjerumuskan pengguna kepada keadaan seperti mayat hidup.(*)

BERITA REKOMENDASI