Ini 5 Manfaat Biji Jeruk yang Belum Banyak Diketahui

BUAH jeruk yang segar dan manis ataupun sedikit asam jadi buah yang biasanya dipilih oleh banyak orang untuk dikonsumsi sehari-hari. Manfaat buah jeruk untuk kesehatan tubuh sendiri memang sudah familiar, sebagai bagian dari buah citrus, buah jeruk hadir dengan kandungan vitamin C yang berguna untuk tubuh.

Namun, bagaimana dengan bijinya? Kebanyakan orang pasti ketika mengonsumsi buah jeruk dengan membuang bagian bijinya. Eits! Jangan salah, ternyata biji jeruk yang sering kita abaikan ini punya sederet manfaat loh! Apa saja? Melansir Ndtv, Jumat (6/4/2018) berikut ulasan 5 manfaat biji jeruk yang harus Anda ketahui.

Seperti halnya buahnya sendiri, biji jeruk juga disebutkan hadir sebagai sumber antioksidan baik, yang bisa membantu untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan segar, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Jadi, lain kali ketika membuat jus jeruk di pagi hari sebagai menu sarapan, sertakan juga biji jeruknya ya!

Esens rasa

Minyak esensial yang diekstraksi dari biji jeruk dapat memberikan rasa untuk air, icing untuk kue dan juga makanan lainnya. Selain itu, Anda dapat menambahkan minyak esensial ini di bath tub untuk aroma citrus atau bisa juga digunakan sebagai minyak diffuser agar ruangan di rumah beraroma citrus menyegarkan.

Penguat energi

Mengonsumsi biji jeruk dapat mempercepat tingkat energi dalam tubuh loh! Adanya asam palmitat, oleat dan linoleat dalam biji jeruk ini membuat penyimpanan energi dalam sel-sel dalam waktu yang lebih lama.

Perawatan rambut

Biji jeruk bisa diolah menjadi ekstrak, yang mana minyak yang diekstrak dari biji jeruk ternyata disebutkan sebagai kondisioner yang bagus untuk rambut. Kehadiran vitamin C dan bio-flavonoid dalam biji jeruk disebutkan lebih lanjut bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, yang pada akhirnya berperan juga untuk menghasilkan rambut yang sehat. Selain itu, asam folat hadir dalam biji jeruk membantu mempercepat pertumbuhan rambut.

Biji jeruk juga bisa dimanfaatkan untuk tujuan bersih-bersih. Minyak yang dikeluarkan dari biji jeruk diketahui dapat berfungsi sebagai agen pembersih yang baik saat digunakan untuk membersihkan misalnya pada logam. Selain mampu membersihkan, minyak biji jeruk juga punya aroma yang segar. (*)

BERITA REKOMENDASI