Ini Dia Penyebab Susu Jadi Rentan Bakteri

SUSU adalah salah satu minuman bernutrisi tinggi yang disukai siapa saja, tak terkecuali oleh bakteri. Itulah alasan mengapa susu sebaiknya tidak dibiarkan terlalu lama di udara terbuka atau ditempatkan di tempat yang tidak steril.

"Susu akan rusak kalau terpapar bakteri di udara atau dari benda lain. Oleh karena itu, susu sebaiknya tidak dibiarkan di udara terbuka terlalu lama. Sebab sebagai makanan dengan nutrisi paling banyak, bakteri yang berjuta-juta di udara akan sangat menyukainya," kata Sabana Prawirawidjaja, Presiden Direktur PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk.

Ia menjelaskan, susu yang rusak karena terpapar bakteri akan mengubah bentuk susu menjadi menggumpal, seperti tahu atau keju. Namun berbeda dengan keju atau yogurt, susu digumpalkan dengan bakteri pilihan, yaitu bakteri laktobasilus.

"Selain menggumpal, susu rusak karena bakteri biasanya juga akan berubah rasanya menjadi asam. Tapi bakteri yang masuk tidak selalu patogen atau bakteri yang bisa sebabkan penyakit," imbuhnya dalam konferensi pers yang diadakan di Bandung, baru-baru ini.

Namun, ia mengingatkan agar konsumen susu mengedukasi diri tentang cara menyajikan susu agar tidak menjadi ancaman bagi kesehatan. Seperti bagaimana susu tidak boleh terpapar udara terbuka lebih dari dua jam, juga disimpan terlalu lama di lemari es dalam keadaan terbuka.(*)

 

BERITA REKOMENDASI