Jambu Air Banyak Manfaat, Bisa Cegah Kanker?

Editor: KRjogja/Gus

SELAIN jambu biji, beberapa varietas jambu air sudah banyak dikenal masyarakat. Sebagian varietas tanaman jambu air bahkan biasa ditanam di pekarangan maupun pot. Panenan buah ini pun cukup mudah ditemukan di pasaran, apalagi saat musim berbuah.

Seperti dikutip dari Harianmerapi.com Selain bisa menyegarkan ataupun membantu mengatasi haus, jambu air juga banyak diyakini kaya vitamin C, serat makanan, vitamin A, kalsium, thiamin, niacin, besi dan kalium. Adapun manfaat kesehatan jambu air bagi kesehatan, antara lain menyehatkan sistim pencernaan. Pasalnya, kandungan serat yang tinggi dari jambu air akan membuat tubuh lebih mudah mengatur perjalanan makanan melalui saluran pencernaan maupun menghilangkan sembelit seperti halnya ketika rutin mengkonsumsi jambu biji.

Tak kalah penting, berbagai senyawa organik yang aktif di dalam jambu air, antara lain kandungan vitamin C dan A pada jambu ini dapat sebagai musuh kanker maupun pencegahan terhadap kanker yang cukup efektif. Ada lagi kandungan jambosine, yaitu jenis alkaloid yang telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam menghalangi atau mengatur konversi pati menjadi gula. Hal ini merupakan perkembangan yang sangat penting bagi penderita diabetes dan orang-orang yang berisiko terkena diabetes.

Bahkan aneka varietas jambu air diyakini dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kombinasi serat dan nutrisi dalam jambu air telah menunjukkan efek yang signifikan terhadap kadar kolesterol. Dalam studi penelitian yang mengarah ke kemungkinan lebih rendah dari aterosklerosis dari jambu air, sehingga mencegah komplikasi kardiovaskular seperti serangan jantung ataupun penyakit jantung koroner. Sedangkan komponen aktif dan stabil dalam jambu air bisa dikaitkan dengan efek antimikroba dan anti jamur.

Beberapa riset pun menyatakan, rutin mengkonsumsi jambu air dapat melindungi kulit dari pengembangan berbagai infeksi yang dapat meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit karena infeksi. Sedangkan bagian biji dari jenis jambu ini dapat digunakan sebagai ramuan alami untuk mengatasi maupun mencegah disentri dan diare. Sebaiknya juga dalam membudidayakan jambu air menerapkan model pertanian organik, yakni tanpa pupuk maupun obat-obatan kimia. (Yan)

BERITA REKOMENDASI