Jambu Air Berkhasiat Turunkan Risiko Kanker

Editor: KRjogja/Gus

USAHA mencegah dan melawan gangguan kesehatan dapat dilakukan dengan berbagai langkah. Termasuk di antaranya memanfaatkan bahan-bahan alami berkhasiat. Menurut warga Ringinharjo Bantul, Bambang Sugiyantoro, jenis buah jambu air yang terdiri dari beberapa varietas juga diyakini mempunyai banyak manfaat atau khasiat kesehatan. Sebagian varietas jambu air bahkan sudah banyak dikenal berbagai kalangan, misalnya ada dalhari, dersono dan madu deli. Adanya kandungan vitamin C dan A pada jambu ini antara lain dapat membantu menurunkan risiko terkena kanker maupun menjadi musuh kanker.

“Kandungan serat yang tinggi pada jambu, bisa membantu juga dalam usaha menyehatkan sistim pencernaan,” tandasnya seperti dilansir dari harianmerapi.com.

Dengan kata lain, kandungan serat pada jambu juga bisa berperan dalam mengatur perjalanan makanan melalui saluran pencernaan maupun membantu mengatasi sembelit, tak jauh beda ketika bisa rutin mengkonsumsi jambu biji. Selain itu dengan rutin mengkonsumsi jambu air dapat melindungi kulit dari pengembangan berbagai infeksi yang dapat meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit karena infeksi.

Sedangkan bagian biji dari jenis jambu ini dapat digunakan sebagai ramuan alami untuk mengatasi maupun mencegah disentri dan diare secara alami. Sebaiknya juga dalam membudidayakan jambu air menerapkan model pertanian organik, yakni tanpa pupuk maupun obat-obatan kimia.

BERITA REKOMENDASI