Jamur Kancing Sumber Antioksidan

Editor: Agus Sigit

“Ada pula yang merasa cocok dengan rutin mengkonsumsi olahan berbahan jamur kancing dapat membantu program penurunan berat badan atau mencegah obesitas,” tandasnya.

Sama halnya jenis jamur konsumsi lain, sebutnya, jamur kancing juga sudah dibudidayakan berbagai pihak. Jamur ini bahkan mengandung banyak nutrisi yang bagus bagi kesehatan tubuh, misalnya ada niacin, riboflavin, folate, fosfor, zat besi, panthothenic acid, zinc, potassium, copper, magnesium, vitamin B6, selenium dan thiamin. Ekstraksi dari jamur kancing antara lain bermanfaat untuk menurunkan aktivitas dari sel kanker.

Diolah dari tempo.co, berikut kesalahan yang sering dilakukan saat memasak jamur dan cara menghindarinya seperti yang diterangkan oleh food writer, Alison Roman.

Hindari Bersihkan Jamur dengan air

Jamur itu seperti spons kecil yang akan menyerap air untuk menjaga kelembapan. Jika Anda ingin mengonsumsinya, sebaiknya tidak mencuci jamu dengan air karena akan menjadi basah dan hancur saat di goreng, dibakar, atau direbus. Disarankan membersihkan jamur dengan handuk kertas basah atau sikat kue. Ini berguna untuk membersihkan semua celah kecil yang ada di bagian jamur.

Masak dengan api sedang dan perlahan

Jamur memiliki kandungan air di dalamnya. Bila memasaknya di panci, airnya akan meruap keluar dan bisa merusak tekstur jamur. Jika memasaknya dengan api kecil, itu hanya akan membuat jamur mendidih di cairannya. Jadi masak dengan api sedang untuk menjaga air alami pada jamur tidak keluar. Dengan ini, warna dan tekstur jamur tetap bertahan dan kian menggugah selera.

Masak jamur dengan sedikit minyak

Karena Jamur bisa menyerap dengan cepat, maka masak dengan api sedang dengan durasi cepat. Yang harus diperhatikan adalah, masing-masing jamur memiliki tingkat kematangan berbeda. Jika penggorengan terlihat kering, tambahkan minyak sedikit demi sedikit.

Jamur tidak harus diiris

Jamur tidak selalu mesti diiris. Coba sajikan dalam bentuk utuh supaya sensasi rasa di dalamnya lebih mantap di lidah. (Yan/Git)

 

BERITA REKOMENDASI