Jangan Anggap Enteng, Petai Cegah Anemia

MAKANAN satu ini selalu dihindari bagi sebagian orang karena memiliki efek samping setelah memakannya. Pete (Petai) memang memiliki bau tak sedap, namun tahukah? ternyata makanan yang menyisakan bau ini 
banyak gunanya loh. 

Lebih dari yang kita bayangkan, pete bahkan memiliki banyak manfaat. Dari informasi yang diperoleh, Pete mengandung asam amino dengan unsur belerang yang cukup tinggi. Unsur belerang inilah yang kemudian membuat pete bau. Meskipun demikian pete kerap dibuat menjadi berbagai olahan yang menggugah selera.

Lulusan ahli Gizi Fathimah Azzahra mengatakan, Pada dasarnya pete juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. "Penelitian tentang pete sendiri mengandung vitamin a, vitamin b12, b6 dan vitamin c selain itu mengandung kalsium karbohidrat energi lemak dan protein," kata Azaahra.

Menurut penelitian the new England Journal Of Medicine, pete punya manfaat sebagai pencegahan Anemia, Stroke, menurunkan tekanan darah, menangkal radikal bebas dan bisa mengatasi mood karena pete mengandung vitamin c juga lho.

Kendati demikian, menurut Azzahra  konsumsi pete juga harus dalam batas wajar karena pete sendiri mengandung asam jengkolat (nama asam yang terkandung dalam pete dan jengkol) yang dapat menghambat pada kesehatan lambung. (Evi Nur Afiah)

BERITA REKOMENDASI