Jangan Gunakan Kondom Daur Ulang, Ini Bahayanya

BIASANYA kegiatan mendaur ulang merupakan ide yang baik, tetapi tidak berlaku untuk alat kontrasepsi, kondom. Tetapi, pada Sabtu (19/9/2020) lalu, pihak berwenang Vietnam melakukan penggerebekan di sebuah gudang di provinsi Binh Duong dan menemukan 324.000 kondom bekas dengan berat total 360kg sedang didaur ulang.

Melansir asiaone.com, Jumat (25/9/2020), saat penggrebekan, para pekerja sedang membersihkan dan mengeringkan kondom tersebut dan dibentuk kembali dalam kondisi tidak higienis. Diketahui ribuan kondom tersebut akan dikemas ulang dan dijual kembali kepada pelanggan yang tidak menaruh curiga.

Semua barang tersebut pun segera disita oleh pihak berwenang.

Pemiliknya, Pham Thi Thanh Ngoc, 33, mengatakan bahwa dia menerima ribuan kondom bekas setiap bulan dari orang yang tidak diungkapkan identitasnya.

Direktur Manajemen Pasar Provinsi Tran Van Tung mengatakan saat ini kondom telah disita untuk digunakan sebagai barang bukti, tetapi akan segera dibuang karena dianggap limbah medis berbahaya.

“Kondom diklasifikasikan sebagai barang medis, jadi kami akan melihat Undang-Undang yang dilanggar dari aktivitas ini,” ujar salah satu petugas pemerintah.

BERITA REKOMENDASI