Jangan Gunakan Kondom Daur Ulang, Ini Bahayanya

Seperti yang diketahui, kondom berguna untuk melindungi orang dari penyebaran penyakit menular seksual serta kehamilan yang tidak diinginkan. Namun, kondom yang diproduksi di tempat yang meragukan dapat menimbulkan ancaman bagi kesehatan pengguna.

Menurut Tuoi Tre News, orang Vietnam menggunakan sekitar 500 dan 600 juta kondom setiap tahun. Itu artinya beberapa orang di negara itu mungkin tidak menyadari bahwa sedang memakai kondom daur ulang dan terancam berbagai macam penyakit.

Seorang ahli epidemiologi dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menjelaskan bahwa mencuci kondom dengan sabun tidak akan membunuh bakteri atau virus yang bersembunyi di permukaannya. Melakukan hal itu hanya akan membuat lateks robek.

Menyusul kekhawatiran publik tentang penggunaan kondom, pada 2018 CDC sudah melakukan peringatan kepada masyarakat untuk tidak mencuci atau menggunakan kembali kondom. “Kami mengatakannya, karena banyak orang melakukannya,” kata mereka dalam sabuah unggahan di Twitter.(*)

BERITA REKOMENDASI