Jangan Sampai Wajah Bengkak, Mulai Kurangi Garam

PADA beberapa orang, wajah membengkak dan jiplakan abstrak di wajah setelah bangun tidur membutuhkan waktu lama untuk kembali ke bentuk normal.

Namun, jangan khawatir, beberapa saran tentang hal yang harus dilakukan sebelum dan saat tidur, seperti dilansir dari Timesofindia berikut, bisa membantu Anda menghindari mimpi buruk tersebut.

Minum sebelum tidur

Jika tubuh Anda mengalami dehidrasi, pembuluh darah akan membesar terutama di sekitar perut, pergelangan kaki, dan wajah. Untuk mengurangi kesempatan retensi air ini, satu gelas air disarankan untuk diminum sebelum Anda tidur. Wajah bengkak yang biasa Anda temui akan lewat seketika.

Tidur cukup

Anda membutuhkan tujuh hingga delapan jam untuk tidur. Katakan tidak pada minuman berkafein jika Anda tidak ingin bangun ketika semua orang sedang tidur. Disarankan juga tidur dengan posisi kepala lebih tinggi untuk membantu menghindari retensi air.

Perhatikan asupan garam

Sebagian besar dari kita mengabaikan wajah bengkak, tapi itu bisa menjadi pertanda bahwa ada sesuatu yang tidak benar. Pembengkakan wajah bisa menjadi gejala hipotiroidisme, atau Anda bisa menjadi korban penyakit Addison yang mempengaruhi kelenjar adrenal sehingga produksi kortisol berhenti.

Alergi juga membuat wajah Anda membengkak di luar proporsi. Alasan lain di balik retensi air yang ekstrim juga bisa akibat peningkatan asupan garam dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. (*)    

 

BERITA REKOMENDASI