Jantung Pisang Baik Untuk Produksi Sel Darah Merah

Editor: KRjogja/Gus

USAHA menghindari maupun melawan keluhan kesehatan dapat memanfaatkan bahan-bahan alami. Sebagian cara memanfaatkannya cukup sederhana, namun ada pula yang perlu diolah dahulu, sehingga bisa lebih praktis dan efisien mengkonsumsinya.

Seperti dilansir dari Harianmerapi.com, Salah satu kru kuliner Bali Ndeso di kawasan Kampung Flory Sleman, Dian Purnomo mengungkapkan, bunga pohon pisang atau biasa disebut jantung pisang diyakini mempunyai beberapa khasiat kesehatan. Bahan alami ini dapat dibuat menjadi sayur dengan dipadu bahan-bahan alami lainnya, sehingga memiliki cita rasa enak serta bermanfaat bagi kesehatan badan.

“Bahan tambahan lain jika disayur, misalnya cocok ditambah daun melinjo muda atau biasa disebut daun so dan kulit melinjo. Semua bahan alami ini bermanfaat dan berkhasiat,” beber Dian.

Cukup tingginya kandungan serat serta zat besi dalam jantung pisang bisa membantu dalam produksi sel darah merah. Artinya juga bagus untuk ikhtiar menghindari maupun terapi anemia. Bahkan diharapkan juga bisa membantu menghindarkan dari beberapa gangguan kesehatan lain seperti jantung, diabetes serta kanker. Lalu adanya kandungan antioksidan pada jantung pisang, diharapkan membantu menjaga daya tahan (imunitas) tubuh serta mencegah penuaan dini.

Adanya kandungan magnesium, antara lain diyakini dapat membantu meningkatkan suasana hati/mengurangi kecemasan ataupun bermanfaat sebagai anti depresi. Apalagi tanpa perlu tambahan zat pengawet, pemanis maupun pewarna sintetis, diharapkan tak menimbulkan efek samping yang justru bisa merugikan kesehatan. Termasuk juga untuk menghindarkan dari beberapa keluhan kesehatan pada wanita seperti kanker rahim.

“Bumbu-bumbu alami untuk memasak sayur jantung pisang juga bagus untuk kesehatan, misalnya beberapa jenis empon-empon, merica, bawang putih, bawang merah dan lombok. Kuah yang berbahan santan kelapa juga baik untuk kesehatan,” imbuhnya. (Yan)

 

 

 

 

BERITA REKOMENDASI