Jenang Sumsum Baik Untuk Netralkan Asam Lambung

Editor: KRjogja/Gus

PERNAH mengkonsumsi jenang atau bubur sumsum? Selain memiliki cita rasa dan tekstur khas, jenang ini juga mempunyai beberapa manfaat atau khasiat bagi kesehatan. Alhasil, bisa rutin dikonsumsi dan aman bagi kesehatan, asal tak berlebihan.

Seperti dikutip dari Harianmerapi.com, adapun bahan alami yang biasa digunakan untuk membuat jenis jenang ini, misalnya ada tepung beras, santan, daun pandan serta gula Jawa. Saat dikonsumsi teksturnya terasa lembut dan gurih karena menggunakan santan. Tepung beras yang menjadi bahan utama bubur sumsum mengandung banyak nutrisi, seperti mineral, vitamin dan serat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus ataupun sistem pencernaan secara umum. Karena mengandung karbohidrat, tepung beras juga bisa menjadi pengganti nasi serta sumber energi.

Sedangkan santannya yang mengandung lemak jenuh, antara lain dapat membantu meningkatkan energi. Bahkan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena bersifat sebagai antibakteri juga antivirus. Tak ketinggalan, santan kelapa juga dapat mencegah serta melawan radang tenggorokan. Lalu sirup atau juruh

terbuat dari gula Jawa ataupun gula aren membantu meningkatkan sistem kekebalan (imunitas) tubuh. Pasalnya, mengandung sejumlah vitamin seperti thiamin, niacin, riboflafin, vitamin C, asam folat serta mineral.

Tak jarang bubur sumsum disajikan sebagai menu bagi orang yang sedang sakit, terutama penderita sakit pencernaan maupun sakit gigi. Bubur sumsum pun sangat baik bagi penderita asam lambung, sebab bisa menetralkan asam lambung, sehingga berperan meredakan nyeri lambung. Sebagai alternatif lain, santan yang digunakan untuk memasak bubur sumsum bisa juga diganti dengan susu. Kandungan vitamin C-nya antara lain bisa membantu meningkatkan sistem imun (kekebalan) tubuh dari beberapa gangguan kesehatan.

Beberapa manfaat penting bubur sumsum bagi ibu hamil, antara lain bisa menjadi salah satu jenis makanan penambah tekanan darah. Salah satu faktornya, karena adanya kandungan santan pada bubur sumsum. Santan memiliki kandungan zat besi dan bisa membantu tubuh untuk memproduksi hemoglobin agar tak terjadi anemia atau kekurangan darah pada tubuh. Mengingat ada banyak manfaat dari masakan ini, sudah selayaknya jika bisa rutin mengkonsumsinya, baik dengan membuat sendiri ataupun membeli. (Yan)

 

BERITA REKOMENDASI