Jeruk Nipis Singkirkan Influenza

JERUK nipis mempunyai tampilan fisik serta cita rasa khas. Pemanfaatannya dalam bidang pengobatan alami cukup beragam. Tak jarang, jeruk nipis dikombinasi dengan bahan-bahan alami lain sehingga manfaat atau khasiat kesehatannya semakin bertambah.

Jenis jeruk ini antara lain mengandung flavonoid seperti poncirin, hesperidine, rhoifolin dan naringin. Jika sudah benar-benar masak banyak mengandung pula asam sitrat, fosfor, kalsium, besi, magnesium dan vitamin (A, B serta C). Meski ada rasa asam dan sedikit pahit, namun tetap banyak yang senang mengonsumsi, bahkan jual- beli buah jeruk nipis tetap eksis.”Ketika masih ada pandemi Covid-19, jeruk nipis juga tetap banyak dimanfaatkan untuk mendukungkesehatan. Selain dapat diminum cukup diseduh dengan air hangat, bisa juga dikombinasi dengan bahan lain untuk membantu mencegahdan mengatasi gangguan kesehatan,” ungkap salah satu warga Depok Sleman, Mursyanif, baru-baru ini.

Cara pemakaian sederhana jeruk nipis untuk membantu menyingkirkan influenza dan batuk, yaitu dapat menggunakan jeruk nipis yang sudah masak dan mengandung banyak air. Perasan dari jeruk ini dicampurkan dengan air panas atau hangat 60 cc dan ditambah setengah sendok air kapur sirih. Selanjutnya diaduk-aduk, hasilnya diminum dua kali dalam sehari.

BERITA REKOMENDASI