Jika Merasa Sakit? Mulai Jaga Jarak Meski Dirumah

JAGA jarak dengan orang lain menjadi upaya prioritas yang harus dilakukan seluruh warga Indonesia dalam melawan virus corona COVID-19. Terlebih jika Anda sedang merasa sakit.

Menurut Juru Bicara Penanganan Kasus COVID-19 Achmad Yurianto, jika Anda merasa sakit, Anda wajib menjaga jarak meskipun di rumah. Tindakan ini harus dilakukan untuk mencegah penularan penyakit.

“Mulai sekarang bagi Anda yang sedang sakit, harus menjaga jarak aman dengan anggota keluarga yang ada di rumah sekitar 1 hingga 1,5 meter,” tegas Yuri dalam keterangan resminya di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Jakarta, Sabtu (28/3/2020).

Selain menjaga jarak, Anda yang merasa sakit juga wajib membedakan alat makan Anda dengan anggota keluarga lain. Jadi, dapat dikatakan, sendok, piring, dan gelas yang Anda pakai dilarang dipergunakan untuk orang lain.

Selain tidak menggunakan alat makan bersama, sebisa mungkin Anda juga tidak makan di waktu yang bersamaan dengan anggota keluarga yang sehat.

Upaya ini juga harus dilakukan untuk meminimalisir penyebaran sumber penyakit yang ada di dalam tubuh Anda ke orang lain. Di sisi lain, bagi Anda yang sedang merasa sakit, penting untuk Anda mengontrol kondisi kesehatan.

“Apakah suhu tubuh semakin panas, batuk semakin parah, atau bahkan mulai muncul sesak napas. Kalau kondisi semakin buruk, segera datangi fasilitas kesehatan untuk mendapatkan penanganan yang lebih intensif,” saran Yuri.

Sementara itu, lagi-lagi pesan Yuri pada masyarakat adalah rajin cuci tangan. Sebab, penularan tak langsung COVID-19 yang cukup tinggi adalah melalui tangan yang tak bersih.

“Cuci tangan itu kunci utama dari pencegahan penularan COVID-19 selain jaga jarak. Tangan yang tak bersih kemudian memegang mulut, hidung, mata, dan wajah, akan memungkinkan virus masuk dan menginfeksi,” tambahnya.

BERITA REKOMENDASI