Kacang-kacangan Bantu Kontrol Berat Badan

Editor: KRjogja/Gus

BAGI yang doyan ngemil, Anda harus pintar memilih jenis camilan kacang-kacangan. Camilan ini banyak manfaatnya, termasuk mudah mengontrol berat badan.

Periset mengatakan, saat seseorang mengonsumsi kacang-kacangan seperti kenari, kacang almond, hazelnut, hingga kacang mete dapat membantu mengurangi berat badan. Ini juga berkontribusi menurunkan kemungkinan obesitas.

Dilansir Zeenews, Jumat (22/9/2017), temuan menunjukkan bahwa orang yang makan kacang-kacangan tidak hanya menurunkan berat badan. Sekira 5% dapat menurunkan risiko obesitas yang nantinya menyumbang risiko penyakit berbahaya.

Tapi sayangnya, banyak orang secara historis mengasumsikan bahwa kacang merupakan makanan padat energi dan tinggi lemak. Jadi, ngemil kacang bisa bikin tubuh gemuk. Ini cuma mitos!

Bila diteliti lebih lanjut, kacang merupakan sumber energi, lemak, protein, vitamin, mineral dan phytochemicals. Saat Anda mengonsumsi, tentu ada manfaat lainnya bagi kesehatan.

Anda yang doyan ngemil kacang dapat mencegah penuaan loh. Tak hanya itu, Anda bisa meningkatkan fungsi memori otak, sehingga dapat menangkal risiko demensia di usia produktif.

Lebih dari itu, makan kacang juga mampu mencegah risiko penyakit mematikan, Seperti halnya penyakit jantung, stroke, serta penyakit jenis pembuluh darah lainnya.

Seiring bertambahnya usia, fungsi arteri semakin menurun. Orang juga bakal rentan mengalami serangan jantung jika tak menjalani gaya hidup sehat.

Semakin lama, jantung bekerja lebih keras dan menyebabkan orang mengalami gagal jantung. Anda juga dapat mencegah risiko stroke yang mematikan dengan cara makan kacang.

Lebih lanjut, makan kacang juga dapat mencegha kanker lambung. Kacang-kacangan juga menjaga kesehatan usus dan lambung, serta menangkal radikal bebas karena mengandung antioksidan. (*) 

BERITA REKOMENDASI