Kakap Merah Turunkan Kolesterol Jahat

Editor: KRjogja/Gus

ANEKA jenis ikan dikenal sebagai sumber protein hewani yang mampu mendukung kesehatan tubuh. Termasuk juga dengan jenis ikan kakap merah yang diyakini kaya kandungan vitamin maupun omega-3. Belum lagi beberapa kandungan nutrisi penting lainnya.

Terutama kandungan omega-3 pada ikan kakap, antara lain berperan menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung. Kandungan omega-3 ini juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah yang menjadi salah satu penyebab penyumbatan pembuluh darah. Untuk menghindari terjadinya masalah dalam sistem peredaran darah, disarankan mengonsumsi sekitar 3,5 ons daging kakap merah dua kali seminggu.

Seperti dikutip dari harianmerapi.com kandungan mineral kalium pada kakap, manfaatnya seperti membantu mengaktifkan berbagai enzim yang berperan dalam metabolisme energi. Jika asupan kalium tak mencukupi, bisa memicu tubuh akan merasa lemas lantaran kurangnya energi yang dihasilkan. Adalagi kandungan selenium pada kakap merah, manfaatnya seperti mendukung fungsi antibodi tubuh dan menjaga fungsi kelenjar tiroid. Selenium juga berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas di dalam sel tubuh. Fungsi antioksidan dapat diperkuat dengan penambahan bahan makanan lain yang merupakan sumber vitamin E.

Sedangkan kandungan kalsium yang ada di daging kakap merah membantu menjaga kesehatan gigi. Sama halnya dengan tulang, gigi juga memerlukan mineral kalsium untuk menjaganya dari gigi berlubang.

Jika sampai kekurangan asupan kalsium secara terus menerus bisa menyebabkan kekompakan tulang menurun. Akibatnya seiring dengan bertambahnya usia, tulang menjadi keropos. Dengan memenuhi kebutuhan kalsium setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit osteoporosis yang disebabkan oleh pengeroposan tulang.

Ada lagi kandungan vitamin A-nya, antara bisa menjaga sistem kekebalan tubuh, memelihara tulang, menjaga kesehatan kulit dan kesehatan mata. (Yan)

 

 

BERITA REKOMENDASI