Kalbe Farma – Genexine Kembangkan Obat Bioteknologi

JAKARTA, KRJOGJA.com – Guna mendukung program Nawacita pemerintah di bidang Industri Farmasi dan Alat Kesehatan, PT Kalbe Farma Tbk mengadakan kerjasama dengan perusahaan penelitian dan pengembangan obat biologi inovatif asal Korea Selatan, Genexine Inc dengan mendirikan perusahaan patungan, PT Kalbe Genexine Biologics (KGBio).

"Kerjasama dengan Genexine Inc dan pembangunan pabrik obat Biologi merupakan komitmen perusahaan untuk meningkatkan kesehatan bagi masyarakat dan mendukung program pemerintah, kemandirian Industri Farmasi dan Alat Kesehatan 2025. Genexine asal Korea Selatan dipilih  selain karena mereka telah menghasilkan produk obat biologi terbaru, yang terpenting mereka mau melakukan alih teknologi," kata Vidjongtius, Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk di Jakarta, Selasa (12/9/2017).

KGbio akan melakukan riset pengembangan obat biologi inovatif terbaru yang dipatenkan, yang nantinya diproduksi di Indonesia dan dipasarkan ke luar negeri, seperti ASEAN countries, Timur Tengah, Taiwan dan Australia. Selain itu, menurut Vidjongtius, melalui anak perusahaan, PT Kalbio Global Medika, PT Kalbe Farma Tbk membangun pabrik obat  termasuk bahan baku obat biologi yang terletak di Delta Silikon 3, Cikarang senilai 300-400 miliar rupiah.

"Pabrik yang dibangun PT Kalbio Global Medika, memiliki keunggulan fasilitas teknologi terkini dan berstandar International, sistem jaminan kualitas, serta ramah lingkungan," jelas Vidjongtius. Kyudon Kim PhD, Chief Operating Officer Genexine Inc, menambahkan, pihaknya sangat senang dapat melakukan uji klinis EPO fase 3 dengan Kalbe Farma, perusahaan farmasi terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Kalbe Farma selama ini dikenal sebagai perusahaan yang selalu berinovasi, kuat dalam penelitian.

"Kerjasama ini akan terus ditingkatkan untuk mengembangkan bahan baku dan obat biologi yang sangat berguna bagi kesehatan," tutur Kyudon Kim.

Sie Djohan, Direktur PT Kalbe Farma Tbk mengatakan, kehadiran PT Kalbio Global Medika dan PT Kalbe Genexine Biologics akan mendukung  penelitian dan pengembangan serta produksi obat biologi dalam negeri. "Dan hasilnya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat kita dan sekaligus meningkatkan ekspor di ASEAN  serta negara-negara lain seperti Australia dan Timur Tengah," tegasnya. (Ful)

 

BERITA REKOMENDASI