Kanker Darah ‘Keder’ Ketemu Pisang Tanduk

Editor: KRjogja/Gus

BAHAN alami berkhasiat cukup beragam jenisnya. Sebagian di antaranya sudah ditanam di kebun-kebun herbal dan diyakini memiliki segudang manfaat kesehatan.

Leo Eko W yang tinggal di kawasan Sleman mengungkapkan, beberapa jenis pisang diyakini memiliki tampilan khas serta beberapa khasiat kesehatan tersendiri. Bahkan untuk memanfaatkan buah pisang pun cukup sederhana, misalnya dikonsumsi langsung, dibuat minuman jus maupun olahan lain. Ada pula yang mampu mengolah pisang menjadi tepung pisang.

“Jenis pisang tanduk dengan tampilan menyerupai tanduk beberapa satwa termasuk yang diyakini mempunyai beberapa khasiat kesehatan tersendiri. Namun yang jelas punya banyak kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh,” terangnya.

Adapun manfaat kesehatan pisang tanduk, antara lain diyakini bisa sebagai sumber antioksidan yang membantu menurunkan risiko terserang berbagai keluhan kesehatan. Termasuk juga sebagai musuh radikal bebas yang membantu tubuh memerangi radikal bebas penyebab kanker.

Bahkan diyakini ditakuti oleh leukemia atau kanker darah. Tak kalah penting, adanya kandungan kalium di dalam pisang tanduk akan berperan dalam menjaga fungsi ginjal dan mengurangi risiko terbentuknya batu ginjal. Lalu adanya sejumlah vitamin serta mineral magnesium diharapkan yang berfungsi mencegah insomnia (sulit tidur). Artinya pula justru bisa meningkatkan kualitas tidur dengan baik serta memberikan efek relaksasi.

“Kandungan serat pada pisang tanduk juga bagus untuk mendukung atau menjaga sistem pencernaan,” tandasnya.

Ketika rutin mengkonsumsi jenis pisang ini, sebut Leo dapat juga membantu program penurunan berat badan. Tak jauh beda dengan jenis pisang lain, jenis pisang tanduk juga memiliki kandungan nutrisi termasuk sejumlah vitamin serta mineral yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Jadi, mengingat ada manfaat dari jenis pisang ini, sudah selayaknya untuk bisa dilestarikan keberadaannya. (Yan)

BERITA REKOMENDASI