Kapri Bantu Jaga Kesehatan Saraf

Editor: KRjogja/Gus

ANEKA jenis kacang-kacangan diyakini memiliki tampilan dan cita ras khas dan banyak digunakan dalam bidang kuliner. Satu di antaranya kacang kapri, antara lain bisa dipadukan pada masakan jenis sup, nasi goreng, capcay dan beberapa jenis sayur lain.

Manfaat kesehatan kapri, antara lain kandungan seratnya tak hanya dapat membantu untuk mengontrol kadar kolesterol dan glukosa darah, namun juga dapat membantu memberikan rasa kenyang, sehingga cocok juga rutin dikonsumsi yang sedang menjalani program diet menurunkan maupun menjaga berat badan.

Dilansir dari harianmerapi.com, kandungan vitamin B-nya meski dalam jumlah sedang dapat membantu dalam memecah protein, karbohidrat, dan lemak menjadi energi. Selain itu, vitamin B juga dapat membantu menjaga fungsi saraf dan meningkatkan produksi sel darah merah, sehingga bisa membantu mencegah serangan anemia.

Tak kalah penting, kapri termasuk sumber asam folat yang sangat baik. Asam folat sendiri merupakan salah satu kelompok vitamin B kompleks, yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi DNA hingga membentuk sel darah merah. Beberapa studi menunjukkan bahwa makanan yang kaya akan folat sangat bermanfaat bagi ibu hamil untuk mencegah terjadinya cacat pada kelahiran bayi.

Sedangkan zat besi dan mangan yang terkandung dalam kacang kapri memiliki fungsi yang spesifik dalam tubuh. Peran zat besi sangat penting untuk transportasi oksigen dan mangan dapat membantu dalam mengontrol gula darah, penyerapan kalsium, produksi hormon serta fungsi saraf.

Tak ketinggalan, vitamin K yang terkandung dalam kacang kapri memiliki peran potensial dalam meningkatkan fungsi pertumbuhan massa tulang. Bahkan juga memiliki peran pada penderita penyakit alzheimer dengan membatasi terjadinya kerusakan neuron pada otak. Adapun vitamin A-nya diperlukan tubuh untuk menjaga selaput lendir, kulit, dan menjaga fungsi mata. Nah, mengingat banyak manfaat kesehatan dari kacang kapri, tak perlu ragu untuk bisa rutin mengkonsumsinya. (Yan)

BERITA REKOMENDASI