Katanya Biji Ketumbar Bisa Atasi Diabetes, Serius Nih?

DIABETES adalah salah satu penyebab utama penyakit komplikasi dan bisa berujung pada kematian. Diabetes saat ini semakin menjadi ancaman seiring pola hidup yang tak sehat.

Pasien diabetes harus minum obat seumur hidup bahkan sebagian harus dibantu dengan insulin untuk mengendalikan gula darah.

Selain disiplin minum obat, para pasien diabetes wajib mengatur dan menjaga pola makan. Kemudian bisa dengan dibantu oleh bahan-bahan alami salah satunya biji ketumbar. Semua bagian ketumbar dari daun hingga biji bisa digunakan sebagai obat.

Dilansir dari Pink Villa, ketumbar memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Sesuai penelitian, ketumbar membantu mengatur kolesterol, menjaga nafsu makan, dan meningkatkan pencernaan. Dan semua sifat ini baik untuk pasien diabetes.

Menurut penelitian, biji ketumbar memiliki senyawa yang memiliki efek menurunkan gula darah pada tubuh manusia. Biji ketumbar dapat membantu mengelola diabetes secara alami dengan merangsang sekresi insulin.

Insulin yang dibuat oleh pankreas memungkinkan tubuh untuk menggunakan gula. Ketika insulin melemah, tubuh tidak dapat mengetahui berapa banyak gula yang dibutuhkan untuk dimetabolisasikan, hal ini menyebabkan lonjakan gula darah.

Cara membuat resepnya cukup mudah. Ambil 10 gram biji ketumbar yang dihancurkan dan tambahkan dalam 2 liter air. Biarkan semalaman.

Pagi berikutnya, saring airnya. Buang bijinya dan minumlah dalam perut kosong. Untuk manfaat tambahan, Anda juga bisa terus minum air ketumbar setiap hari namun tetap berkonsultasi dulu dengan dokter. (*)

BERITA REKOMENDASI