Katarak Bisa Menyerang di Semua Usia, Kenali Pencegahan dan Penanganannya

KATARAK merupakan penyakit ketika lensa mata menjadi keruh dan berawan. Pada umumnya, katarak berkembang perlahan dan awalnya tidak terasa mengganggu. Seiring waktu katarak akan mengganggu penglihatan dan membuat pengidap merasa seperti melihat jendela berkabut, sulit menyetir, membaca, serta melakukan aktivitas harian.

Penyakit ini merupakan penyebab kebutaan utama di dunia yang dapat diobati. Dokter spesialis mata dari Siloam Hospitals Yogyakarta, dr. Alia Narwastu M, Sp.M., turut mengingatkatn akan penyakit katarak dapat menyerang semua kalangan : manusia lanjut usia (manula) hingga bayi sejak didalam kandungan. Termasuk resiko katarak dengan penyakit bawaan lainnya, misalnya diabetes dan hipertensi.

“Katarak bisa mengenai semua kalangan. Umumnya pada manula berusia diatas 60 tahun, namun pada ibu hamil yang mengalami infeksi pun kekurangan asupan gizi, bayi yang dikandungnya pun dapat mengalami katarak kelak jika dilahirkan”, ungkap dr. Alia Narwastu M, Sp.M., Rabu (22/07) melalui Instagram live Siloam Hospitals Yogyakarta pada diskusi online bersama sejumlah keluarga pasien, pengunjung dan sejumlah awak media di Yogyakarta.

BERITA REKOMENDASI