Kebanyakan Minum Soda Berbahaya Untuk Gigi

Minuman bersoda banyak digemari oleh orang dewasa, bahkan anak-anak. Mereka menjadikan minuman soda sebagai minuman yang tidak boleh terlewatkan. Namun bahaya soda pada gigi dapat Anda rasakan jika mengonsumsinya dalam jangka waktu yang panjang.

Minuman soda atau yang biasa disebut dengan minuman berkarbonasi, maupun yang berlabel diet soda ternyata dapat membahayakan kesehatan gigi. Kandungan asam, gula dan karbonasi dalamnya dapat mempercepat pertumbuhan bakteri, sehingga gigi pun menjadi rusak.

Berdasarkan penelitian, efek mengkonsumsi soda sama seperti efek yang dialami pecandu narkoba. Dalam penelitian seorang wanita berusia 30 tahun rajin mengonsumsi minuman soda setiap hari selama lima tahun.

Akibatnya dia mengalami kerusakan pada gigi seperti yang dialami pecandu metamfetamin berusia 29 tahun dan pecandu kokain berusia 51 tahun.

Menurut Kepala eksekutif British Dental Health Foundation, Nigel Carter setiap kali makan atau minum apa pun yang manis, gigi diserang hingga satu jam. Air liur memainkan peran utama dalam menetralkan asam dalam mulut, dan itu membutuhkan waktu hingga satu jam.

Selain merusak gigi, minum soda berlebihan dengan kadar gula tinggi dapat merusak fungsi hati dan sebagai pemicu penyakit diabetes. Untuk itu, kurangi minum soda untuk membuat Anda lebih sehat.

BERITA REKOMENDASI