Kecepatan Virus Corona Saat Menyebar di Rumah Sakit Sungguh Mengerikan

“Sama halnya, jika tetesan ini mendarat di permukaan, seseorang dapat terinfeksi setelah bersentuhan dengan permukaan dan kemudian menyentuh mata, hidung atau mulut mereka.”

Situasi ini tentu mungkin, tetapi seberapa sering hal itu benar-benar terjadi masih belum jelas. Sementara penelitian sebelumnya menunjukkan virus COVID-19 dapat bertahan di karton selama satu hari dan pada plastik dan baja hingga 72 jam, ada sedikit data tentang seberapa besar viral load ini, atau seberapa berbahaya.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat menekankan bahwa bersentuhan dengan permukaan yang telah terkontaminasi COVID-19, itu bukanlah penuluran yang paling umum. Tapi bukan berarti orang-orang tidak menjaga kebersihan sama sekali.

Yang mengatakan, masih penting bagi petugas kesehatan untuk terus mencuci tangan dan menyeka permukaan secara konsisten untuk mencegah penularan sebanyak mungkin, terutama karena itu adalah hal yang relatif mudah dilakukan.

Sayangnya, bagaimanapun, temuan baru ini menunjukkan bahwa bahkan di rumah sakit dengan praktik kebersihan yang ketat, virus dapat lolos dari pertahanan kita. Seperti yang dicatat penulis dalam judul makalah mereka: kita tidak bisa melupakan permukaannya.(*)

BERITA REKOMENDASI