Kecipir Efektif Sebagai Sumber Antioksidan

Editor: KRjogja/Gus

KRJOGJA.com – Tanaman dengan nama ilmiah ‘Psophocarpus tetragonolobus’ termasuk jenis tanaman merambat yang mempunyai beberapa khasiat kesehatan. Bagian tanaman yang berkhasiat, misalnya buah, akar dan bunga kecipir.

Khususnya bagian buah kecipir yang tak terlalu tua maupun tak terlalu muda sering dibuat sebagai bahan sayur. Biasanya dikombinasi dengan bahan-bahan alami lain. Bahkan bisa cukup dikukus atau direbus sejenak lalu dicampurkan pada asupan pecel. Adanya bahan kecipir dalam pecel menjadikan cita rasa pecel kian khas, bahkan jenis sayurnya dalam pecel kian beragam dan bisa membantu mendukung kesehatan badan secara alami.

Semakin berkhasiat dan bercita rasa khas, jika pecel ditambah bahan dari bunga tanaman turi. Adapun manfaat kesehatan dari kecipir, antara lain bisa sebagai sumber antioksidan. Alhasil, olahan kecipir dapat membantu mendukung kekebalan atau imunitas tubuh, sehingga bisa mencegah agar tak gampang terkena gangguan kesehatan.

Bahkan olahan kecipir juga dapat membantu mempertahankan pertumbuhan dan kesehatan kulit. Alasannya, antioksidan dalam kecipir dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas. Bahkan kandungan vitamin C pada kecipir bisa membantu memperkuat imunitas tubuh secara alami.

Tak ketinggalan, olahan kecipir dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh, sehingga berperan menjaga maupun meningkatkan kadar sel darah merah di tubuh. Selain itu kecipir juga mengandung jumlah kalori cukup tinggi dan sangat dibutuhkan tubuh. Kecipir pun mengandung berbagai mineral penting, seperti zat besi, mangan, tembaga, kalsium, fosfor, magnesium serta vitamin A antara lain bermanfaat untuk mencegah kerusakan DNA.

BERITA REKOMENDASI