Kedelai Berkhasiat Hambat Pertumbuhan Sel Kanker

Editor: KRjogja/Gus

OLAHAN bahan alami berkhasiat, baik berwujud minuman maupun makanan layak untuk bisa rutin dikonsumsi. Sebagian jenis minuman yang menggunakan bahan tambahan gula batu, diyakini termasuk yang memiliki khasiat atau manfaat kesehatan.

Menurut pemilik usaha penjualan bubur ayam kampung dan soto ayam kampung, Muryanto, pemanfaatan kedelai pada bubur ayam juga akan menambah manfaat kesehatan dari asupan tersebut. Selain itu kuah soto yang menggunakan kaldu ayam kampung serta aneka rempah-rempah juga diyakini mempunyai manfaat kesehatan. “Jadi selain enak dikonsumsi dan mempunyai nilai gizi, baik soto maupun bubur ayam kampung juga ada khasiat kesehatannya,” tandas Muryanto yang akrab disapa Pak Yanto.

Dikutip dari harianmerapi.com, ditemui di lokasi usahanya kawasan Mejing Lor Gamping Sleman, Pak Yanto mengungkapkan, manfaat atau khasiat kesehatan biji kedelai sudah banyak dikupas berbagai media. Bahan ini pun biasa dijadikan bahan baku saat pembuatan tempe, tahu sampai susu kedelai. Bahan wujud biji kedelai antara lain diyakini mempunyai zat aktif antara lain berkhasiat sebagai anti oksidan serta membantu menghambat pertumbuhan sel kanker. Lalu kandungan asam lemak tak jenuh pada kedelai diharapkan dapat mencegah timbulnya pengerasan pembuluh-pembuluh nadi. Tak ketinggalan kedelai juga kaya asam linoleat maupun asam linolenat, yakni jenis asam lemak esensial dari kelompok omega-6 dan omega-3 yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung serta diabetes.

“Aneka jenis olahan kedelai, banyak diyakini pula ada kandungan gizi yang tinggi, misalnya ada vitamin, protein, lemak serta mineral,” bebernya.(Yan)

BERITA REKOMENDASI