Kedondong Lawan Kolesterol Jahat

SEBAGIAN jenis buah-buahan diyakini mampu membantu menurunkan kolesterol tinggi atau jahat di dalam tubuh. Satu di antaranya buah kedondong atau dalam bahasa Jawa cukup disebut dondong. Saat musim panen raya, buah ini mudah diperoleh di pasaran dengan harga terjangkau berbagai kalangan.

Bahkan ada varietas kedondong dapat ditanam model tanaman buah dalam pot (tabulampot) serta bisa berbuah dengan baik. Hal ini diterapkan juga oleh Kadam yang tinggal di Minggir Sleman. Ia bersyukur memiliki tanaman buah ini serta beberapa jenis tanaman buah lain yang bisa ditanam di pot. Apalagi selain mempunyai beberapa kandungan vitamin dan nutrisi lain, juga bermanfaat bagi kesehatan badan.

“Kandungan vitamin dalam buah kedondong, misalnya vitamin C juga diyakini bisa membantu menjaga daya tubuh dari beberapa gangguan kesehatan,” ungkapnya.

Sedangkan sebagai pereda batuk, yakni bisa menggunakan dua buah kedondong. Bahan alami ini dicuci bersih lalu diparut. Tanpa ditambah air, segera diperas airnya lalu diitambah sedikit garam dan diminumkan tiga kali dalam sehari. Selain itu bagian buah, kulit batang dan daunnya berkhasiat sebagai obat alami. Daun kedondong antara lain diyakini bisa membantu melawan kudis, bisul dan luka terbakar. Caranya, dicuci dahulu lalu dilembutkan lalu diborehkan pada bagian yang luka. Ada lagi yang menyampurkan dengan ramuan alami lainnya, yaitu dimanfaatkan untuk merawat ibu-ibu pasca melahirkan.

“Selain kedondong, buah belimbing manis juga kaya kandungan vitamin C yang juga bisa membantu menjaga kekebalan tubuh dari keluhan kesehatan,” tandas Kadam.

Tak ketinggalan ada manfaat anti oksidannya yang berfungsi memerangi radikal bebas, mencegah penyebaran sel-sel kanker maupun serangan sariawan. Bahkan juga bisa berperan menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan melancarkan sistim pencernaan. Rutin mengkonsumsi belimbing manis diyakini juga bisa sebagai obat alami anti hipertensi. Selain buahnya, bagian bunga, daun dan akarnya diyakini memiliki khasiat untuk obat alami juga seperti anti malaria, maag, bisul dan rematik.

“Alhamdulillah, saat cek tensi terakhir tekanan darah saya normal-normal saja,” jelasnya. (Yan)

BERITA REKOMENDASI