Kelelahan di Perjalanan Mudik Undang Penyakit Ini

MUDIK sudah menjadi budaya bagi masyarakat Indonesia, untuk bersilaturahmi dengan keluarga besar dan kawan lama di kampung halaman.

Karena itu, perjalanan mudik harus dipersiapkan dengan baik agar saat sampai ditempat tujuan Anda tetap dalam keadaan sehat. Saat mudik, Anda mengorbankan banyak hal. Mulai dari waktu sampai kesehatan.

Namun, semua itu mungkin tak begitu Anda rasakan karena keseruan saat diperjalanan atau ada momen spesial sepanjang perjalanan. Atau alasan klise seperti sudah terbiasa setiap tahun menjadikan Anda tidak terlalu memikirkan badan lagi.

Dampak yang paling terasa bila Anda mudik adalah keletihan. Khususnya mereka yang mudik dengan kendaraan pribadi, perjalanan jauh berjam-jam menjadi kondisi yang harus dilalui. Dijelaskan Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Ari F Syam,kelelahan yang parah akan menurunkan sistem imun tubuh.

Dia melanjutkan, hal tersebut disebabkan adanya keterkaitan langsung antara keletihan dengan penurunan daya tahan tubuh. Bila sistem imun sudah dirusak, maka sangat mudah bagi virus dan bakteri penyakit menyerang badan.

’’Makanya, sangat diperlukan istirahat. Jangan sekali-kali memaksakan untuk segera sampai dengan waktu yang cepat, tapi mengorbankan kesehatan,’’ paparnya kepada Okezone melalui pesan singkat, belum lama ini.

dr Ari menambahkan, kuman bakteri atau virus yang biasanya menyerang saat mudik berkaitan dengan penyakit usus seperti diare dan penyakit infeksi saluran pernapasan atas. ’’Kalau Anda sudah terlalu capek, penyakit flu, batuk, pilek, atau sakit tenggorok sangat mudah menyerang,’’ pungkasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI