Kemangi Bantu Penyembuhan Sariawan

Editor: KRjogja/Gus

BAHAN alami yang dapat mendukung kesehatan cukup beragam jenisnya. Meski bersifat alami, namun ada baiknya juga dalam mengkonsumsinya tak berlebihan. Ibaratnya mengkonsumsi suatu obat berbahan kimia, yaitu perlu dihindari over dosis.

Menurut pemilik kuliner Gupit Indah di Sidomulyo Sleman, Subandono, beberapa bahan alami dari tumbuhan cocok dijadikan lalapan, misalnya daun kemangi, kol, tomat dan mentimun. Selain mempunyai tingkat kesegaran, cita rasa dan tekstur khas, semuanya juga bergizi serta bisa berperan mendukung kesehatan badan.

“Daun kemangi dengan aromanya yang khas, misalnya cocok dijadikan saat mengkonsumsi aneka olahan ikan air tawar. Selain itu ada manfaat kesehatannya juga jika bisa rutin dikonsumsi,” terangnya.

Adapun manfaat atau khasiat kesehatan daun kemangi, yakni dapat membantu mencegah serta mempercepat sembuhnya serangan sariawan. Tak kalah penting, dapat juga dijadikan sebagai musuh alami untuk panas dalam, disentri serta perut mual-mual. Cara pemanfaatannya selain dijadikan lalapan, bisa juga diproses menjadi suatu ramuan alami.

Jika tak sekadar dijadikan lalapan, yakni dapat menggunakan satu sendok makan daun kemangi kering yang diseduh dengan setengah cangkir air panas. Setengah hangat lalu diminum dan sebelumnya dapat ditambahkan madu asli sebagai pemanis.
“Lalapan jenis sayur kol juga dapat mendukung kesehatan, bisa rutin dikonsumsi asal tak berlebihan,” tandasnya.

Kol antara lain banyak vitamin C dan E, sehingga bisa berperan juga sebagai antioksidan, akhirnya bisa ikut dalam menyingkirkan radikal bebas di tubuh, sebab radikal bebas dapat memicu dalam menghancurkan sel sehat serta membuang racun dari dalam tubuh.Tak ketinggalan, kol mengandung asam amino glutamin yang dapat meningkatkan aliran darah ke perut dan memberikan nutrisi bagi sel dalam lambung/usus halus. Bahkan, membantu melindungi lapisan perut serta mengobati luka pada saluran pencernaan. Pemanfaatan untuk lalapan dapat model diiris-iris, misalnya dicampurkan pada masakan gulai. (Yan)

BERITA REKOMENDASI