Kematian Akibat Influenza Meningkat, Waspada!

PUSAT Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merilis data terbaru yang mencengangkan soal kematian akibat influenza.

Seperti dilansir Time, Kamis (14/12/2017), CDC melaporkan, setiap tahun ada 291 ribu hingga 646 ribu orang yang mengidap penyakit influenza. Penyakit ini juga telah memakan korban jiwa antara 250-500 ribu jiwa.

"Kami menggunakan data flu musiman untuk menghitung tingkat kematian pernapasan terkait influenza pada 33 negara, yang mencakup 57% populasi dunia," tulis peneliti.

Periset lantas membangun model statistik berdasarkan angka-angka tersebut, yang digunakan untuk memperkirakan kematian pernapasan terkait flu pada 185 negara di seluruh dunia.

Mungkin yang tidak mengejutkan, kematian akibat flu sangat umum terjadi di negara-negara miskin, terutama di sub-Sahara Afrika yang sumber daya medisnya minim. Penyakit ini juga mengintai orang-orang berusia di bawah 75 tahun.

Sedangkan di negara Mediterania Timur dan negara-negara Asia Tenggara, tingkat kematian akibat influenza cenderung sedikit lebih rendah.(*)

BERITA REKOMENDASI