Kemenkes Pastikan tak ada Corona di Indonesia

JAKARTA, KRJOGJA.com -Tidak  ada penyebaran coronavirus di Indonesia. Warga Negara Indonesia di luar juga tak ada yang terkena.

Coronavirus atau virus yang menyebabkan penyakit pneumonia misterius telah menyebar di beberapa wilayah di Tiongkok, Bangkok, Thailand, hingga Jepang.

"Sampai hari ini tak ada (penyebaran coronavirus) di Indonesia. Warga Negara Indonesia di luar juga tak ada yang terkena," ujar dr. Wiendra Waworuntu, M.Kes., selaku Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes .

Penyebaran coronavirus berisiko di negara lain, tepatnya ketika ada perjalanan dari Wuhan. Dokter Wiendra menyatakan bahwa butuh didiagonsis selama dua minggu terakhir.

"Kalau di sana sudah terinfeksi tetap di sana. Masa inkubasi dua minggu," paparnya.

Sementara itu, World Health Organization (WHO) masih menjalani rapat khusus terkait penjelasan detail penyebaran virus yang awalnya ditemukan di Wuhan itu. Kemenkes pun mengimbau seluruh pihak untuk mempersiapkan diri.

Surat edaran disebarkan ke seluruh wilayah di kabupaten, kota, maupun provinsi, baik rumah sakit hingga laboratorium. Salah satunya, dengan melakukan upaya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Sementara itu, coronavirus tersebut dinyatakan berbeda dengan Mers. Coronavirus menyerang saluran pernapasan hingga saluran pernapasan bawah dan memengaruhi radang paru.

Orang yang memiliki kondisi tertentu, akan lebih mudah memburuk kesehatannya. Misalnya, orang yang mengidap penyakit kanker, hipertensi, maupun orang berusia lanjut, yang juga mengalami demam.(ati)
 
 

BERITA REKOMENDASI