Kencur Mampu Usir Stres

KEKAYAAN Nusantara salah satunya adalah rempahrempah, orang Jawa biasa menyebutnya empon-empon. Orang Eropa yang tahu dan merasakan manfaatnya lalu mencarinya langsung ke sumbernya di Nusantara. Salah satu jenis empon-empon adalah kencur (Aromatic Ginger) yang mempunyai banyak manfaat. Salah satunya sebagai obat batuk. Di masa pandemi Covid-19 menjadi penting bisa untuk mengobati batuk.

Tentang kencur, Manajer Klinik Pratama Rumah Zakat Cabang Yogyakarta Ratna Kusumaningsih SKM menjelaskan, selain bisa untuk mengobati batuk, juga untuk obat masuk angin. Kemudian menghilangkan darah kotor. Juga mengobati radang lambung dan mengobati mulas pada perut. Ternyata pula kencur bisa menghilangkan stres.

”Khasiat lainnya adalah untuk kecantikan,” ucap Ratna Kusumaningsih di Jalan Parangtritis Km 10 Bantul itu. Dari sisi kecantikan menurut Ratna kencur bisa untuk menghilangkan jerawat, mengencangkan kulit, memutihkan wajah, Anti-aging, baik untuk melembutkan dan membuat kulit lebih bercahaya. Digunakan untuk berbagai campuran masker pemutih kulit. Efek antioksi dan mencegah penuaan pada kulit, memberikan nutrisi bagi kulit.

Terkait kencur sebagai obat batuk Ratna menyebutkan, gejala batuk biasanya diawali dengan tenggorokan gatal. Maka sebaiknya segera minum kencur sebelum batuknya terjadi. Bahannya adalah kencur sebesar ibu jari, jahe juga sebesar ibu jari kemudian jeruk lemon secukupnya. Kupas dan cuci jahe, kencur kemudian geprek dan masukkan ke
gelas belimbing. Dan tuang air panas ke gelas tersebut. Begitu hangat masukkan potongan jeruk lemon atau boleh ditambahkan madu juga. Jadi minuman segar.

Ada sebuah paguyuban selawatan sebelum pergelaran anggotanya diberi kencur dan gula jawa (gula kelapa). Memakan itu tenggorokan lega dan suara menjadi bersih. Sedangkan yang banyak dikenal orang, minuman beras kencur. Penjual jamu keliling umumnya juga menjual beras kencur. Beras kencur dikenal untuk mengobati rasa capek. Ternyata jamu yang juga jadi minuman itu beras kencur sekarang masuk hotel. Banyak hotel yang menyediakan minuman beras kencur. Sedangkan sebagaiobat rasa capek biasanya orang minum beras kencur menjelang tidur. (Warisman)

BERITA REKOMENDASI