Kenikir Bermanfaat Sehatkan Lemah Jantung

Editor: KRjogja/Gus

SEBAGIAN asupan dari bahan-bahan alami layak untuk rutin dikonsumsi. Apalagi diyakini memiliki khasiat obat alami, sehingga bisa juga berperan untuk membantu mengatasi maupun mencegah aneka keluhan kesehatan.

Menurut salah satu kru kuliner Pondok Insipirasi Minggir (PIM) di Sleman, Sri Hartuti beberapa jenis tanaman dengan warna daun hijau dapat diolah menjadi asupan menyehatkan. Setelah diolah akan memiliki cita rasa khas, bahkan daun-daun tersebut diyakini mempunyai khasiat kesehatan ataupun obat alami, misalnya ada kenikir, bayam, kangkung, sawi bakso dan selada.

“Daun kenikir termasuk yang diyakini memiliki khasiat kesehatan. Cara memanfaatkannya bisa cukup dicampurkan pada pecel, urap ataupun gudangan. Bisa juga dibuat semacam suatu ramuan yang bisa rutin dikonsumsi dan menyehatkan,” jelas Bu Tuti, sapaan akrabnya seperti dilansir dari harianmerapi.com.

Jika digunakan untuk membantu menormalkan ataupun mencegah gangguan kesehatan wujud lemah jantung, yakni bisa menggunakan daun kenikir sebanyak 100 gram. Setelah dicuci menggunakan air mengalir, bahan alami daun kenikir segera dikukus sampai matang lalu dikonsumsi dalam keadaan masih hangat. Bisa juga direbus dengan tiga gelas air sampai tersisa dua gelas. Setelah dingin airnya disaring dan diminum dua kali sehari. Atau bisa cukup dengan rutin mengkonsumsi daun kenikir sebagai lalapan. Gangguan lemah jantung dapat juga menyebabkan darah berkumpul di kaki, mata kaki dan tungkai, sehingga sering terasa sakit saat disentuh.

“Rutin mengkonsumsi daun kenikir akan berperan juga mencegah risiko terkena kanker,” ungkapnya.

BERITA REKOMENDASI