Kerang Dara Bikin Lancar Sirkulasi Darah

Editor: KRjogja/Gus

SELAIN kerang hijau, jenis kerang dara juga cukup populer untuk diolah menjadi beberapa masakan, misalnya balado, rica-rica, tongseng dan sate. Olahan kerang dara pun diyakini mempunyai beberapa manfaat kesehatan, sehingga tak perlu ragu untuk bisa mengkonsumsi secara rutin.

Fery Junianto yang tinggal di Sidokarto Sleman termasuk yang meyakini beberapa manfaat kesehatan kerang dara. Apalagi berbagai literatur juga banyak menyebutkan olahan jenis satwa laut ini memiliki cita rasa khas, nutrisi tinggi serta khasiat kesehatan. Satu di antaranya bisa berperan mendukung lancarnya sirkulasi darah.
“Dengan sirkulasi darah yang lancar, diharapkan dapat mencegah datangnya beberapa gangguan kesehatan. Selain itu bisa membantu mempercepat sembuhnya gangguan kesehatan,” jelas Fery.

Tak ketinggalan, dalam daging kerang dara juga terkandung vitamin B12, sehingga dapat berperan menjaga serta meningkatkan fungsi syaraf di tubuh. Ditambah lagi, olahan daging kerang juga diyakini bisa menjaga serta meningkatkan kesehatan organ jantung. Artinya pula dengan rutin mengkonsumsi olahan kerang dara, asal tak berlebihan atau over menjadikan jantung tetap tetap terjaga kesehatan maupun fungsinya alias tetap bisa normal.

Bahkan kandungan protein yang tinggi pada kerang, antara lain berguna untuk perkembangan sel–sel otak, yakni mensuplai asam amino ke otak kita. Lalu kandungan kalium dan magnesium yang ada pada kerang sangat berguna dalam menurunkan tekanan darah, karena bisa mengendurkan pembuluh darah sehingga sirkulasi darah menjadi meningkat. Hanya saja untuk mengkonsumsinya disarankan tak berlebihan, misalnya cukup dua kali dalam seminggu.

BERITA REKOMENDASI