Kol Ungu Mampu Redam Serangan Maag

Editor: KRjogja/Gus

PEMANFATAN tanaman berkhasiat untuk membantu mewujudkan sehat sudah lama diterapkan warga. Bagian tanaman yang dimanfaatkan, antara lain daun, bunga, buah, biji, kulit batang sampai akar. Cara atau kiat alami ini dipercaya lebih aman dan tak banyak membutuhkan banyak biaya.

Seperti Dikutip dari Harianmerapi.com, Warga Seyegan Sleman Agung B mengungkapkan, sayur kol baik yang jenis biasa maupun ungu dipercaya mempunyai nilai gizi serta manfaat kesehatan. Pemanfaatannya dapat dipadu dengan bahan lain ataupun tunggal, bahkan bisa dijadikan sebagai lalapan. Bahan alami ini diyakini membantu melawan sakit maag. Apalagi kol mengandung asam amino glutamin yang dapat meningkatkan aliran darah ke perut dan memberikan nutrisi bagi sel dalam lambung/usus halus. Termasuk membantu melindungi lapisan perut serta mengobati luka pada saluran pencernaan.

“Meski bergizi dan mendukung kesehatan, tapi sebaiknya tak berlebihan dalam mengkonsumsi asupan kol, karena kalau berlebihan bisa memicu perut kembung,” paparnya .

Ada lagi kesaksian penderita maag yang minum satu liter jus kol per hari atau dibuat dari 250 gram kol, menunjukkan perbaikan enam kali lebih cepat daripada mereka yang hanya menyantap makanan yang dihaluskan. Bahkan ada suatu penelitian menyebutkan, dengan menkonsumsi kol dapat menghambat kanker kolon. Hal ini berhubungan dengan kandungan senyawa fitokimia yang bisa membantu menghancurkan sel tumor dengan cara mengganggu replikasi sel tumor.
MERAPI-SULISTYANTO Agung B.MERAPI-SULISTYANTO
Agung B.

Bahan alami wujud kol sering disebut pula kubis, kandungan gizinya antara lain ada vitamin C dan E, sehingga mempunyai peran juga sebagai antioksidan. Artinya juga bisa membantu melawan radikal bebas yang dapat menghancurkan sel sehat, bahkan bisa berperan membuang racun/toksin dari dalam tubuh.

Sedangkan untuk membantu mencegah perut kembung, perlu membiasakan mengunyah kol sampai halus. Dengan alasan, pada dasarnya makanan apa pun yang tak tercerna dengan baik dapat menyebabkan terbentuknya gas dalam saluran pencernaan. Atau bisa dijus saja, karena zat penyembuhnya lebih banyak keluar jika kol dikunyah halus maupun dijus. (Yan)

BERITA REKOMENDASI