Kolesterol Bukan Penyebab Utama Serangan Jantung

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA (KRjogja.com) – Seorang ahli bedah toraks kardiovaskular asal Amerika Serikat, Dwight Lundell menegaskan penyebab yang paling utama dan akurat untuk penyakit jantung adalah peradangan yang terjadi pada dinding pembuluh darah arteri. Dengan penjelasan yang selama ini lebih terpaku pada peningkatan kolesterol dalam darah, para dokter, dan ahli pakar tentunya akan merekomendasikan diet dengan asupan lemak sangat terbatas dan juga resep obat penurun kolesterol untuk pasien mereka.

Menurut Dwight, rekomendasi diet tersebut justru bisa berujung fatal dan sangat memungkinkan malapraktik saat tindakan operasi. Ini dikarenakan rekomendasi diet tersebut membuat banyak pasien beralih ke makanan tertentu yang membuat mereka rentan akan penyakit diabetes.

Terkait kolesterol, Dwight lanjut menjelaskan bahwa penumpukannya pada dinding pembuluh darah memang betul dapat mengakibatkan penyakit jantung, tapi semua itu diawali dengan adanya proses peradangan. Tanpa peradangan, kolesterol akan bergerak mengalir di dalam tubuh kita seperti normal dan bukan sebagai ancaman.

Jadi, Dwight berupaya bukan untuk menghilangkan esensi kebenaran dari informasi yang sudah tersebar. Niatnya adalah untuk menjelaskan lebih mendalam terkait informasi tersebut dengan menambahkan penyebab utama penyakit jantung bahkan lebih dalam dari sekedar peningkatan kolesterol dalam darah saja. (*)

BERITA REKOMENDASI