Konsumsi Daging Berlebih, Penyakit Ini Bakal Menghampiri

DAGING baik dikonsumi karena kaya akan protein, lemak, vitamin, dan mineral yang penting bagi kesehatan, Namun, mengonsumsi bagian atau jenis daging tertentu juga tidak boleh dilakukan secara berlebihan, ada batasannya.

Direktur Rumah Sakit Umum Queen Latifa Kulon Progo, dr Shelly Juliana Awwaline, mengatakan, lemak jenuh pada daging akan meningkatkan kadar kolesterol darah dan senyawa L-karnitin, yang dapat merangsang pembentukan plak pada pembuluh darah. Kolesterol tinggi dan plak pembuluh darah merupakan faktor yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

"Orang yang mengonsumsi daging secara berlebihan juga lebih berisiko terkena kanker usus besar," katanya saat dihubungi KRJOGJA.com, Jum'at (09/08/2019).

Lemak tak hanya memicu kolesterol, tetapi juga keluhan kesehatan lain. Termasuk obesitas atau kelebihan berat badan dari ambang normal.

Tips menginsumsi daging yang benar:

1. Pilih daging yg berkualitas. Hindari daging yang terlalu berlemak.

2. Pilih tekhnik masak yang sesuai dengan mempertahankan gizi nya. Sebaiknya daging di rebus,di bakar,atau di giling.

3. Makan daging di dampingi dengan makanan pendamping gizi seimbang lainnya seperti sayur-sayuranan, dan buah-buahan.

4. Pakai rempah-rempah an alami, dan minimalisir bumbu kemasan.

5. Sajikan menu olahan daging sesuai takaran konsumsi perseorangan. Angka normal konsumsi daging dalam sehari berkisar antara 120 – 140 gram dalam sehari. Ini berlaku untuk daging sapi maupun kambing.(Ive)

BERITA REKOMENDASI