Konsumsi Suplemen ‘Alami’, Ada Dampak Buruknya Loh

MENGONSUMSI bubuk teh hijau mungkin terdengar tidak berbahaya. Namun, sebuah laporan terbaru mengatakan ada 13 bahan 'alami' yang ditemukan dalam suplemen memiliki risiko serius terhadap kesehatan manusia.

Kegagalan orgam serangan jantung, serta kanker merupakan komplikasi potensial berdasarkan penyelidikan Consumer Reports terkait dengan bahan-bahan tersebut yang mudah dibeli secara online. Laporan terkait kafein bubuk (yang sering digunakan untuk menurunkan berat badan) berisiko menimbulkan kejang, aritmia jantung, serangan jantung, hingga kematian, ditambah lagi jika dikombinasikan dengan obat stimulan lainnya.

Sementara itu, ekstrak bubuk hijau yang dipercaya menurunkan berat badan, mampu menyebabkan sakit kepala, telinga berdenging, tekanan darah tinggi, kerusakan hati, dan akibat terburuk kematian.

Meski terdapat bahan-bahan yang ditulis "alami", tetapi suplemen tertentu justru tidak memilki dampak seperti yang tertulis. Dalam sebuah panel dokter independen dan peneliti mengungkapkan bahwa konsumsi berlebih dapat menyebabkan komplikasi kesehatan lainnya.

Suplemen yang dijual dengan embel-embel "alami" dapat menjadi keputusan konsumen untuk membeli produk tersebut, ketimbang pergi ke apotek atau dokter terlebih dahulu. Bila Anda ingin mengonsumsi suplemen, alangkah baiknya untuk membelinya dari apoteker. Demikian dikutip dari laman Womenshealthmag. Jumat (29/7/2016). (*)    

 

 

 

 

BERITA REKOMENDASI